Juara Lintas EO, Ini Rahasia Om Turhani Pemilik Lovebird Jonok

17

Tidak mudah dalam menjadikan burung peliharaan yang kita sayang bisa menjadi juara, apalagi juara antar EO yang ada di Kota Jambi baik dalam latber maupun latpres serta lomba. Karena tanpa perhatian khusus dalam merawat burung maka tidak akan bisa menjadi juara.

Seperti yang dilakukan oleh Om Turhani salah seorang pemain dan pemilik burung berkicau jenis lovebird yang dinamai lovebird Jonok yang telah berhasil menjadikan burung kesayangannya juara di lintas EO yang diadakan berbagai EO yang ada di Kota Jambi.

Burung lovebird Jonok ini mampu bersaing dengan lovebird lainnya dengan menorehkan berbagai prestasi pada saat latber dan latpres, sehingga bisa diandalkan dan membanggakan sang pemilik dengan prestasi yang telah diperoleh oleh lovebird Jonok milik Om Turhani.

Saat diwawancarai beberapa waktu lalu dilapangan, Om Turhani menyampaikan bahwa untuk merawat burung ini tidak mudah, apalagi menjadikannya juara, tapi yang namanya hobi proses itulah yang sangat berkesan pada saat memelihara dengan proses menjadikannya juara, sebutnya.

Faktor pakan juga sangat menunjang bagi burung, dengan menjaga kondisi tubuh burung dan menjaga birahi burung, karena kalau ketinggian birahi pada burung juga tidak baik bagi burung pada saat digantangkan, sambungnya.

Untuk pakan sehari-hari saya menggunakan pakan Miltih yang dikonsumsi oleh burung kemudian diberikan tambahan Jagung dan Kangkung untuk menambah birahi burung. Sedangkan untuk menjadikan durasi pada burung dan kian aktif serta gacor, maka saya memberikan Formula Bio Fighter yang rutin saya berikan.

Dalam pemberian Bio Fighter ini, saya berikan pada saat pagi dan sore hari sebanyak tiga tetes dan sore harinya juga demikian. Kemudian di cepuk air minum burung juga saya teteskan kembali sebanyak lima atau enam tetes, yang mana kegunaan Bio Fighter ini sangat membantu dalam menambah durasi burung dan kian gacor, sambungnya.

Kalau burung hendak di gantangkan baik itu latber, latpres maupun lomba diteteskan kembali ke paruh burung guna menjaga kestabilan pada burung, satu jam sebelum digantungkan di teteskan. Dengan rutin memberikan Bio Fighter maka akan menambah durasi burung dan stabil pada saat digantangkan, tutupnya. (Irwan)