Jolodong Cup 2 – Cendet Merapi & Murai Batu Mercury Double Winner

Ebod Vit, Ebod Joss & Beberapa Produk Keluaran Ebod Jaya tengah digandrungi oleh Kicau Mania, menjamurnya beberapa produk vitamin & perlengakapan hobi burung di Indonesia, rupanya memicu munculnya produk – produk palsu yang dapat merugikan kesehatan burung – burung jawara, Lantas bagaimana cara membedakannya, cukup lihat pada kemasan bawah produk.

=======================================================

Festival dan lomba burung berkicau Jolodong Cup 2, hasil kerja bareng Ronggolawe DPW Yogyakarta, Minggu (17/11) di KM Cepoko Mulyo berlangsung sukses, sekitar 1.200 peserta hadir, dan memadati setiap kelas yang dilombakan. Lomba di awali dengan pemberian penghargaan pada beberapa kicau mania dan Komunitas, seperti Kacer Mania Yogyakarta, Cendet Mania Yogyakarta, PBI Cabang DIY, Radjawali Indonesia, BnR Jogja, NZR Jogja, RGN Jogja, KHI, Sanubari Indonesia, Independet Jogja dan lain sebagianya.

Pemberian Penghargaan Untuk Kicau Mania & Komunitas 

Dua gaco, masing – masing murai batu mercury dan cendet merapi sama – sama  meraih double winner. Keduanya juga memperkuat team yang sama, Kapal Oleng, yang akhirnya tampil sebagai juara umum bird club ( BC ).

Kapal Oleng, Juara Umum Bird Club

Mengenal cendet merapi, semua kicaumania sudah paham rekam jejeaknya. Gaco andalan H Cahyo Kotagede ini sudah kerap menjuarai sejumlah event, baik lokal maupun Nasional. Dalam setiap lomba Merapi bahkan sanggup diturunkan hingga bersesi – sesi.

Cendet Merapi ( H Cahyo Kotagede ) Double Winner

Dari 3 kelas yang dibuka pantia, Cendet merapi meraih juara pertama sebanyak 2 kali, yakni pada kelas greco dan ronggolawe, satu – satunya kelas yang terlepas dari genggaman merapi adalah kelas Dr Jazz. Pemenang dikelas ini ialah cendet Buser milik Ricky Donald, yang memaksa Merapi harus turun dengan tangan hampa lantaran sama sekali tidak masuk nominasi juara.

( Dari Kanan ) Yanto & Mbah Suro, Sukses Kawal Cendet Buser 

Seperti kebiasanya selama ini, Ricky Donald memang hanya memainkan sekali jagonya tersebut, di sesi berikutnya, Buser terpaksa absen tidak diturunkan. “ Buser tergolong burung baru, meski masih bisa diandalakan Bos Ricky memutuskan absen dikelas berikutnya, dan memilih untuk pulang “ Ujar Yanto crew Ricky Donald.

Murai Batu Mercury Sukses Ukir Double Winner

Adapun murai batu Mercury merupakan debutan anyar Om Teddy BKS yang mulai menunjukan kualitasnya dalam beberapa pekan terakhir ini. Dalam Jolodong Cup 2, murai batu ring Silver ini tampil tak terkalahkan di 2 kelas yang diikuti.

Teddy BKS Siap Lanjut Balaikambang Kumandang

Bertarung dengan burung – burung bagus lainnya, penampilan Mercury memang paling menonjol, bahkan d 2 kelas yang diikuti. Kemenangan pun diraih dengan telak. Ari Krupuk yang menurunkan lawan sepadan Jayabaya dikelas murai batu utama ( Jolodong ), sebenarnya juga tampil maksimal, namun sayang di akhir penilaian harus mengakui keunggulan Mercury dengan selisih 1 bendera merah. Simak Penampilan Murai Batu Mercury :

“ Banyak burung yang nampil, lawannya juga bagus – bagus dan cenderung seimbang, namun di akhir penilaian Kami lebih beruntung menang bendera merah 1 ( unggul tipis ) dari Jayabaya “ ucap Teddy BKS ketika dijumpai. Dengan kemenangan yang diraih murai batu debutannya, Tedy pun berencana bakal menyambangi Balaikambang Kumandang minggu ini(24/11) di Solo.

Jolodong Cup 2, Nyaris Setiap Kelas Full Gantangan, Penonton Tetap Tertib

Mempertemukan burung – burung terbaik blok tengah. Pertarungan sengit nan menegangkan terjadi di 4 kelas kacer yang kesemuannya full gantangan. Tirtomanik andalan Nugroho ( KBC ) unggul dikelas 36 G yang menjadi kelas utama atau paling bergengsi di event tersebut, sementara posisi runner up berhasil diraih oleh Napoleon tentengan Om Dodik Gerobag.

Dio, Kacer Napoleon Nyaris Nyeri

Tidak cukup sampai disitu, penampilan Napoleon bahkan lebih panas ketika turun di kelas N- Max, hasilnya juara 1 pun mutlak diraih, bahkan dikelas sebelumnya burung milik Wijanarko Surabaya ini sebenarnya juga tampil maksimal, dengan hasil juara 7 dikelas N-Max dan masuk nominasi 8 besar dikelas Greco. Penampilan kacer Napoleon dan Pola perawatannya bisa simak tautan di bawah ini :

Sedang 2 kelas kecer tersisa, berhasil dimenangi oleh 2 burung yang berbeda pula, masing – masing Ipin andalan WW Angga Surabaya juara pertama dikelas N-Max, dan Merapi orbitan Cipluk SF unggul dikelas Greco.

Dijumpai di tempat terpisah, Den Vino selaku penggagas lomba mengaku puas dan mengucapkan banyak terima kasih atas partipasi rekan – rekan kicau mania serta meminta maaf bila masih terdapat kekurangan di sana – sini, berikutnya sampai berjumpa kembali di Jolodong Cup 3 tahun depan.

Daftar Juara Jolodong Cup 2, Minggu 17 Nopember 2019 :

Daftar Juara Jolodong Cup 2, Minggu 17 Nopember 2019