Kategori: Hot Tips

Jenis Kayu Plangkringan Dan Ukurannya Untuk Pleci

[doptg id=”3235″]

 

Kayu Salam, Diameter ½ cm Pas Untuk Pleci

Salam Ronggolawers. Sobat Ronggolawers, kayu plangkingan untuk burung berkicau bisa dari jenis kayu apa saja dan dari bahan apa saja, memang sepintas tidak masalah dan fungsinya hanya digunakan untuk tenggeran burung kicauan milik kita. Namun ada pendapat bahwa jenis kayu/ranting dari pohon tertentu bisa memiliki dampak positif dan sudah tentu yang fungsinya tidak hanya sekedar sebagai tempat bertengger burung ataupun sebagai hiasan dalam sangkar saja. Seperti yang sudah banyak beredar di kalangan

kalangan penghoby burung kicauan, banyak juga yang menggunakan tangkringan dari jenis-jenis kayu yang berbeda. Ada yang mengunakan kayu asem. Untuk jenis kayu yang satu ini banyak para kicaumania memanfaatkannya untuk dipergunakan sebagai tangkringan burung kicauan andalannya, karena dengan tekstur kulit kayu yang tidak halus serta retak-retak diasumsikan sebagai bahan kayu tangkringan yang bisa membuat nyaman burung saat mlangkring di atasnya. Kayu asem biasanya digunakan plangkringan untuk burung cendet, cucak hijau, anis/punglor, kacer, murai batu serta kenari.

Sedangkan untuk burung pleci, plangkringan dari jenis kayu apa yang pas?Ada pendapat jenis ranting dari batang kayu Salam lebih bagus untuk dijadikan sebagai tangkringan burung pleci pada khususnya, karena menurut beberapa Pleman yang sudah menggunakan kayu salam sebagai kayu plangkringan yang diantaranya yaitu Lois, seorang pleman dari kota Mojokerto dengan koleksi pleci lebih dari 10 ekor ini menjelaskan bahwa ranting batang pohon salam digunakan untuk ga kuat mikir pleci gacoannya.

Dengan plangkringan dari kayu salam tersebut mampu membuat peci lebih rajin bunyi. “pernah saya gunakan kayu asem berukuran sama untuk ga kuat mikir, tapi dia malah ogah-ogahaan gacor, setelah saya shering dengan teman-teman pleman Mojokerto, ada yang memberi saya saran untuk mengunakan ranting kayu salam, kemudian saya coba ternyata benar apa yang dibilang teman saya tadi. Gak kuat mikir rajin gacor.” Tandas Lois.

Ciri-ciri ranting kayu salam yang baik dipergunakan sebagai kayu plangkringan pleci yaitu:

  • Seperti halnya kayu plangkringan burung ocehan jenis lain, pilih yang lurus dan tidak ada mata kayunya (batang ranting yang memiliki cabang, apabila cabang tersebut dipotong maka akan ampak seperti mata).
  • Kalaupun ada mata kayunya, usahakan cari batang yang lurus.
  • Untuk ukuran kayu salam yang digunakan hanya diameter kisaran ½ cm agar pas pada cengkeraman kaki burung pleci tersebut.
  • Potonglah ranting kayu salam seukuran dengan sangkar.
  • Ranting kayu salam yang terdapat mata kayu idealnya posisinya berada dibagian bawah agar tidak menggangu aktifitas burung ketika memijakkan kakinya di kayu plangkringan.

Sobat Ronggolawers, demikian tadi info dan tips tentang kayu plangkringan dari Lois, Pleman asal Mojokerto Kota dengan gacoan pleci andalannya Gak kuat mikir. Semoga bisa mengispirasi anda sobat Ronggolawers teruta pleman nusantara. Selamat mencoba. Semoga berhasi. Salam Ronggolawers. Salam Pleman Nuantara. Bravo Kicaumania Nusantara !!!

Narasumber. Lois.Mojokerto.
DennySby.04.Desember.15

Media Ronggolawe

Artikel Terbaru

Daftar Juara Latpres Gagak Sakti Team Gresik, Minggu 27 Juni 2021.

Medironggolawe.id – LATPRES GANTANGAN GAGAK SAKTI Gresik, kembali berjalan dengan sukses dan lancar. 17 kelas…

4 bulan yang lalu

DAFTAR JUARA ROAD TO ASRUL CUP 2 MINGGU, 20 JUNI 2021.

Gelaran ROAD TO ASRUL CUP 2 sukses dipadati peserta. Ajang lomba burung berkicau yang digelar…

4 bulan yang lalu

Party Cendeters Season 3 Pesona 15 Community, Cendet Batara Terbaik. Minggu, 20 Juni 2021

Party Cendeter Season 3 gantangan Pesona 15 Community Purwosari, berjalan sukses dan lancar. Ajang lomba…

4 bulan yang lalu

H Sabran Kembali Turun Gunung, Dengan Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran P2BG CUP 1 Gresik.

Kicaumania kawakan dari Gresik H Sabran kembali turun gunung, setelah beberapa waktu absen dari dunia…

4 bulan yang lalu

DAFTAR JUARA ROAD TO SHOW TUBAN AWARD CHAMPIONS 2, MINGGU 13 JUNI 2021.

Gantangan FNR Tuban sukses menggelar Road Show Tuban Award Champions 2 pada Minggu (13/6/21). Dalam…

4 bulan yang lalu

Main 2 Minggu, Sukses 2 Kali Hattrick, Cendet MASTER Milik Syahril Polda

Burung yang satu ini, namanya memang sudah sangat dikenal oleh para cendet mania, hampir setiap…

4 bulan yang lalu