Jangan Lakukan 5 Tips Ini Saat Burung Sedang Mabung!

424

Mediaronggolawe.id – Burung yang sedang mabung memang membuat gelisah kicau mania. Burung mabung itu tandanya harus di istirahatkan dalam waktu yang cukup lama. Proses masa mabung burung memang tidak bisa di prediksi, ada yang dalam waktu mingguan sudah beres, ada juga yang bulanan baru beres bahkan ada juga burung yang sampai tahunan masa mabungnya tidak beres hanya turun bulu sedikit sedikit. Mabung pada burung bisa jadi dikarenakan, salah perawatan dan salah cara mengatasinya. Atau bisa juga hal-hal yang seharusnya tidak di lakukan pada burung saat mabung justru malah dilakukan. Kesalahan dalam menanganai burung yang sedang mabung justru bisa berakibat burung tidak menuntaskan masa mabungnya. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini agar tidak salah menangani burung yang sedang mabung dan burung cepat tuntas mabungnya.

Menurut Rizal dari Bogor burung yang sedang dalam masa mabung sebaiknya, jangan banyak di kerodong. Justru harus lebih banyak dianginkan, namun jika cuaca tidak bersahabat sebaiknya memang di kerodong. Jadi lihat kondisi burung dulu. Saat mengkrodong burung pastikan sangkar burung bersih dan tidak ada rayapnya. Memandikan burung saat burung dalam kondisi mabung juga kurang baik, memandikan burung yang sedang mabung sebaiknya ketika burung sudah mulai memunculkan tunas bulu barunya. Mandikan dengan Shampo Jatijajar dari Ebod Jaya. Shampo Jatijajar bisa membantu proses tumbuh bulu pada burung dan juga membantu menghaluskan bulu pada burung. Bulu burung menjadi berkilau.

Selain jangan dimandikan sebaiknya burung yang sedang mabung juga jangan banyak di jemur. Burung yang sedang mabung meluruhkan bulunya jadi tidak memerlukan panas cahaya matahari. Anginkan saja burung atau anda bisa menggantang burung di tempat yang sejuk. Burung yang sedang mabung akan mengelurkan banyak tenaga dan sangat lelah, sebaiknya jauhkan dari burung lainnya agar tidak banyak berkicau. Burung yang sedang mabung lebih baik di isolasi di tempat yang sejuk. Kondisikan burung yang sedang mabung dalam kondisi yang drof agar tidak banyak gerak dan istirahat fokus pada menuntaskan mabungnya. Burung yang sedang mabung sebaiknya juga di stop untuk pemberian extra foodingnya. Extra fooding biasanya di gunakan untuk burung yang di setting kelapangan karena harus mempunyai birahi yang stabil. Sebaiknya ini di hentikan.

Burung dalam kondisi mabung, tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi pakan yang berprotein tinggi karena bisa membuatnya malah semakin gagah dan ingin turun ke gantangan. mabung adalah kondisi alami yang dialami oleh burung, asalkan langkah penanganannya tepat burung akan cepat menyelesaikan masa mabungnya dan bisa di bawa lagi ke lapangan. (GomezArt25/Sept/2017)