Jangan Kucilkan Kami, Kami Hanya Penikmat Sogok Ontong Yang Ingin Exis Di Dunia Lomba

490

Komunitas Sogok Ontong Salatiga

Burung Sogok Ontong merupakan jenis burung pemakan nektar bunga, sehingga sebagian orang juga menyebut burung ini sebagai burung pemakan madu atau Srigati yang saat ini mulai populer di kalangan para pecinta Kicaumania di Indonesia, bulunya yang indah serta bunyi yang cukup merdu membuat burung sogok ontong menjadi banyak diminati oleh masyarakat.

Begitu juga dengan perkembangan dunia burung di kota Salatiga, burung kecil berciri khas dari burung Sogok Ontong ini yaitu suara tembakan yang panjang dengan lantang serta bervariasi, tentunya burung ini sangat cocok sekali digunakan dalam berbagai perlombaan yang tidak menutup kemungkinan bisa saja mengalahkan burung kicauĀ  jenis lainnya.

Sogonsa Salatiga Siap Tebar Pesona

Salah satunya di kota Salatiga, muncul komunitas baru yang bernama Sogonsa, singkatan dari Sogok ontong Salatiga. Yang memotivasi berdirinya komunitas ini karena Adanya komunitas itu biar kita penggemar Sogon tidak di anggap remeh dengan istilah burung masteran, Ya dengan adanya wadah ini kita bisa guyup ngumpul bareng sesama penghobi burung.

Ariyo Samudro Selaku Penggerak

Komunitas Sogonsa sendiri Berdiri sejak 23 Februari 2018 dan bermarkas di base camp kalibening Salatiga, yang di ketua oleh om Ariyo Samudro Hening. Kami mendirikan komunitas ini sebagai ajang bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan kepada seluruh kicau mania nusantara khususnya dari kota Salatiga.

Bahwasanya burung sogok ontong burung endemik asli indonesia ini bukan hanya sebagai hiasan konco ngopi di rumah ataupun sebatas masteran burung saja. Tapi burung ini juga bisa juga di bawa untuk lomba, walaupun pesertanya belum banyak dan belum se booming burung – burung berkicau lainnya.

Meskipun begitu, salah satu burung endemik indonesia iniĀ  tergolong unik. Burung petarung memiliki keistimewaan karakternya jika bertemu lawan – lawannya langsung buka sayap nembak – nembak istilahnya ngleper seperti ngriwiknya kaya kaset ruwet alias molor.

Tidak semua orang bisa menampilkan burung Sogok Ontong, karena burung ini penuh dengan misterinya. Misal di rumah atau di bawah gacor nembak – nembak, belum tentu di atas gantangan mau begitu layaknya waktu di bawah.

Suasana Di Kelas Sogok Ontong

Harapan kami sebagai komunitas Sogonsa Salatiga, Semoga burung kecil ini tidak selalu di anggap remeh sebagai klangenan ataupun burung pendamping masteran di rumah saja tapi kedepannya bisa menjadi tambahan kelas di seluruh gantangan khususnya lingkup kota Salatiga.

Meskipun baru hanya satu gantangan yaitu Salatiga Bird Family ( SBF ) Ronggolawe Salatiga yang ada latihan khusus burung Sogok Ontong setiap hari minggu dan Semoga gantangan lain segera menyusul.

” Jangan kucilkan kami, kami hanya penikmat penghobi burung yang ingin exis di dunia lomba ” papar Om Ariyo