Jadi Jutawan Sulap Kamar Mungil Buat Ternak Murai Batu

442

[doptg id=”2319″]

 

Memiliki rumah yang bisa mendatangkan keuntungan merupakan gaya hidup metropolitan masa kini. Rumah dengan konsep minimalis dengan tidak membutuhkan banyak perabotan furniture menjadikan kesan luas dan nyaman. Rumah mungil satu lantai yang menjadi pilihan favorit keluarga kecil biasanya terdiri dari 2 kamar ukuran 3 x 3 meter, 1 kamar mandi, ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan serta dapur.

Memanfaatkan waktu luang dengan beternak Murai Batu menjadi pilihan hidup Om.Faris, sebagai supplier daging bakso olahan yang halal dan gurih di rumahnya menjadikan pria asal Cirebon ini setiap akhir pekan bisa menggantangkan Murai Batu di seputaran Bogor ini.

Murai batu selain memiliki suara kicauan yang eksotis dan gaya tarung yang indah ternyata memiliki nilai jual yang fantastis. Harga jual tinggi dan bersaing dimulai dari anakan, hara indukan bahkan Murai Jawara yang bisa mencapai angka transaksi mencapai ratusan juta rupiah.

Terpancing untuk menambah penghasilan membuat Om.Faris memutuskan menyulap kamar kosong berukuran 3 x 3 meter di salah satu rumah miliknya di daerah Citeureup. Belajar dari pengalaman dengan sesama kicau mania peternak murai batu dan ijin dari tetangga sekitarnya, menjadi langkah awal pria berperawakan mungil ini mulai beternak Murai Batu dari Medan dengan mendatangkan indukannya langsung dari Cirebon.

“Dada burung condong ke depan, kepalanya pipih, paruhnya harus moncong dan lobang hidung Murai yang tembus kiri kanan menjadi patokan saya dalam memilih indukan,” kata Om.Fariz kepada Pewarta Ronggolawe. Dengan memanfaatkan ukuran kamar yang mungil, maka dibuatlah kandang model penangkaran dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi 90 cm x 90 cm x 180 cm.

Kandang model penangkaran ini umumnya digunakan untuk menampung sepasang indukan murai batu, lengkap dengan beberapa sarana untuk beternak, seperti pepohonan (sebagai tempat hingap), kotak kayu untuk bersarang, wadah minum, wadah pakan dan karamba untuk mandi.

“Kandang harus dibuat senyaman mungkin agar indukan Murai nyaman sehingga bisa cepat berproduksi,” kata ayah dari 1 orang putri ini. Selain harus dibuat nyaman, kandang ternak harus memiliki persyaratan umum sebagaimana berikut ini :

  1. Memiliki dinding kuat terbuat dari batu bata, selain untuk melindungi burung dari angin dan cuaca dingin juga meredam suara Murai Batu agar tidak menganggu tetangga sekitar yang jarak rumahnya berdekatan dengan kandang Murai milik Om.Faris.
  2. Dapat masuk sinar matahari pagi dan cukup ventilasi agar sirkulasi udara mengalir dengan baik.

Agar Murai Batu bisa berproduksi maksimal maka Pakan dan Extra Fooding tidak dibatasi. Pemberian pakan setiap hari meliputi jangkrik, kroto dan Ulat hongkong menjadi menu makan utama harian Murai batu yang ditaruh di dalam kamar yang mungil ini. Porsi makan dengan cara prasmanan ini diletakkan dalam wadah plastik sehingga mudah dibersihkan. Selain itu wadah pakan harus menyesuaikan dengan ukuran kandang, mudah dipasang mudah diambil serta memiliki penjepit agar tidak mudah terbalik saat diinjak atau diduduki Murai Batu.

Penempatan wadah pakan berjauhan dengan wadah air minuim, tentu saja agar makanan tidak bercampur dengan air dalam wadah minum sehingga cepat basi. Selain itu wadah air minum yang sudah diisi dengan air matang tidak cepat keruh akibat bercampur dengan pakan yang terbawa oleh Murai Batu.

Untuk kotak sarang merupakan perlengkapan yang diletakkan di dalam kandang. Kotak sarang yang berukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm ini berfungsi sebagai tempat Murai batu bertelur serta melindungi anak-anaknya sesudah menetas sampai masa lolohan indukannya selesai.

Kotak sarang ini biasanya mengunakan dari bahan triplek atau kayu yang mempunyai tekstur halus pada dinding bagian dalamnya agar tidak melukai kaki saat Murai batu berada didalam sarang. Lobang kotak sarang dibuat senyaman mungkin agar Indukan Murai bisa mudah keluar masuk dan aman bergantung saat kotak sarang ditempel di dinding tembok.

Saat disinggung berapa harga anakan Murai batu yang berada dalam kandang mungil? “Untuk anakan dibandrol dengan harga mulai 2 jutaan karena memiliki kualitas istimewa dari indukan Murai Medan, untuk yang sudah lepas trotol usia 4-5 bulan harganya berbeda,” info selengkapnya bisa menghubungi Faris AEP SF BOGOR 082127243592 / pin BB 7ea127d7

EBOD SOLUTION ini merupakan formula 4 in 1 cocok bagi kicau mania. Dicampurkan pada minuman burung 80ml–100ml antara 2 sampai 3 tetes untuk perawatan dan pencegahan. 5 sampai 8 tetes untuk pengobatan,” kata H.Toni. Pria paruh baya yang masih energik ini menambahkan, EBOD SOLUTION bermanfaat untuk menjaga metabolisme burung senakin baik dan bikin stamina burung menjadi lebih prima.

Jangan lupa Subscribe Youtube : RONGGOLAWETV Channel. Semua liputan terangkum dalam bentuk audio visual lebih nyata dan lebih dekat. Atau Ingin dibuatkan video dokumentasi breeding, burung jagoan atau profil Bird Club bisa menghubungi Brandy di SMS 085717969666 atau Facebook : Om Ronggo /Brandy 22