Ikut Dalam Kompetisi Ajang Piala Kapolres Sarolangun, Ini Persiapan Om Erwin Dalam Merawat LB Ken

14

Berbagai kesiapan dilakukan oleh pemain dan pemilik burung berkicau dalam mengikuti latihan bersama (latber), latpres maupun lomba serta event besar yang diadakan oleh berbagai EO yang ada di setiap daerah, baik dalam Kota Jambi maupun di luar Kota Jambi bahkan luar Provinsi Jambi.

Tidak hanya pecinta burung berkicau yang mengikuti ajang perlombaan dengan menjalin silaturahmi antara sesama hobi burung berkicau, komunitas burung berkicau pun ikut hadir memeriahkan perlombaan lomba dan pameran burung berkicau yang diadakan oleh Ronggolawe Nusantara DPC Sarolangun beberapa waktu lalu.

Seperti hal nya Om Erwin, pemilik burung lovebird uang ia namai LB Ken ini baru berusia sekitar empat bulan dan diikut sertakan dalam ajang lomba besar merebut Piala Kapolres Sarolangun untuk kelas lovebird Balibu dan bersaing dengan lovebird Balibu lainnya.

Dikatakan Om Erwin, bahwa bukan hanya saya saja yang mempersiapkan kesiapan mental burung dalam mengikuti lomba, akan tetapi seluruh peserta burung berkicau pasti sudah disiapkan secara matang sebelum diturunkan dalam perlombaan, karena yang namanya perlombaan pasti ada yang menang dan ada yang kalah, tuturnya.

Untuk kelas lovebird Balibu ini, tidak sama dengan penilaian lovebird dewasa pada saat dilakukan penilaian karena ada durasi dan ketukan burung berkicau Balibu tidak begitu panjang dalam mengekek pada saat digantangkan akan tetapi kalau panjang dalam ngekek itu lebih baik, sebutnya.

Kalau saya pribadi dalam menjadikan LB Ken ini gacor dan menambah durasi burung, saya menggunakan Bio Fighter yang saya teteskan rutin pagi dan sore hari yang gunanya untuk ketahanan tubuh burung, menjaga kestabilan burung pada saat digantangkan di lomba, sambungnya.

Bio fighter ini juga sangat bagus menjaga stamina pada tubuh burung, jadi bukan hanya untuk menambah durasi pada burung, akan tetapi juga menjaga keseimbangan burung sehingga burung akan tetap stabil, seperti lovebird Ken milik saya yang kini makin gacor setelah menggunakan Bio Fighter, tutupnya. (Irwan)

Keterangan :
Nama burung : Ken
Pemilik : Erwin
Asal : Tembesi batang hari
Usia : 4 bulan
Komunitas LB.(KMB)