HUT Pacitan Ke 274, Juara Disini Bakal Jadi Bukti Kualitas Burung Anda

178

Kota 1001 Goa Pacitan, tak lama lagi bakal menggelar event sekaliber nasional. Event dengan tajug  “HUT Pacitan Ke 274 “ ini sekaligus Anniversary Komunitas Anis Merah Indonesia Pacitan yang ke 3. Event berkelas ini, dipastikan akan digelar pada Minggu, ( 17/3/2019 ), bertempat di aloon- alon Pacitan. Event ini bertujuan untuk memperingati hari jadi kota Pacitan yang ke 274, sebagai agenda kegiatan rutin tahunan. Selain itu, agenda ini sebagai pengenalan obyek- obyek wisata yang ada di kabupaten Pacitan.

Kita ketahui bersama, Pacitan merupakan gudangnya obyek wisata yang sangat menakjubkan diantaranya pantai Klayar, Pantai Watu karung yang menjadi syurganya peselancar, Pantai Banyu Tibo yang terdapat air terjun mungil tepat dibibir pantai, Sungai Maron yang bercita rasa sperti green Canyon di Amerika, Monumen jendral Sudirman yang menjadi saksi sejarah, Wisata Banyu Anget, pantai Teleng Ria, Pantai Soge, pantai Klayar, Pantai Buyutan yang sangat menawan yang berada di Donorojo, Goa Gong, dan masih banyak lagi yang sayang untuk dilewatkan.

Lomba burung ini, juga sebagi wujud nyata kepedulian pemerintah daerah, terhadap komunitas penggemar burung berkicau yang ada di Pacitan. Beberapa penggiat pelestarian burung diantaranya Dr. Johan, membentuk sebuah wadah yang dinamai KAMI ( Komunitas Anis Merah Indonesia Pacitan ). Tujuan dibentuknya KAMI adalah sebagai sarana untuk melestarikan salah satu burung endimik di wilayah Pacitan. Dengan melalui pendekatan kekeluargaan dan edukasi kepada para petani atau pekebun yang memiliki lahan- lahan yang menjadi tempat bersarangnya Anis Merah, dihimbau agar tidak menjaring burung- burung dewasa serta memanen piyikan Anis Merah. Hal ini bertujuan agar Anis Merah tidak punah, serta anak cucu kita bisa menikmati kicauan dan tarian Anis Merah asli Pacitan yang sangat indah.

Dalam kesempatan lomba burung HUT Pacitan ke 274 ini, kebetulan Dr. Johan bertindak sebagai ketua pelaksana. Sebagai kicau mania, sudah sepantasnya kita mendukung cita- cita luhur kicau mania Pacitan, yang telah sudi berusaha sekuat tenaga untuk menjaga ekosistem alam Pacitan. Dihubungi lewat ponselnya, Dr. Johan menitipkan pesan untuk mengundang seluruh kicau mania tanpa kecuali pada 17 Maret 2019 mendatang. Dukungan serta kehadiran rekan- rekan kicau mania, sangat berarti bagi kami. Simak detail informasi lombanya, yang telah tersedia didalam brosur. Kami tunggu di Pacitan, pungkas Dr. Johan selaku ketua KAMI, sekaligus ketua pelaksana HUT Pacitan ke 274.

( mediaronggolawe/ ebod Jaya group )