Kategori: Profil

Hitler, Kacer Yang Pintar Memanggil Para Juri

[doptg id=”3219″]

 

Ragil dikenai sebagai pemain kacer senior. Kicau mania yang bergabung dengan Ramos Community ini, telah melanglang buana bersama Kacer Monster andalannya. Saat Monster sedang top form, Ragil punya senjata baru. Andalan baru itu punya kemampuan khusus untuk menarik perhatian juri. Ragil memberi nama burung kacer itu “Hitler”. Tidak ada penjelasan kenapa ia menggunakan nama itu.

Di bawah gantangan, gaya kacer satu ini benar-benar menawan dan berbeda dengan gaya lawan-lawannya. Rajin buka ekor dan sayap, seperti duduk menghadap ke langit. Ngerol dengan speed yang rapat. Isian banyak. Suara burung Blibis, Belalang, Cililin, Lovebird, Rambatan, Parkit adalah senjata andalannya. Hitler adalah salah satu kacer peraih juara I pada Lomba Gebyar Akhir Tahun Adira Cup dan Hammer BC di Rumah Kicau Veteran, Minggu 27 Desember 2015.

Pasca mabung, Hitler tampil makin apik. Di Piala Pangdam I BB yang diselenggarakan di Tebingtinggi, 20 Desember 2015, Hitler tampil habis-habisan. Kacer ini berhasil meraih juara 1 setelah bersaing ketat dengan kacer yang juga milik tuannya, Monster. Gelar juara 1 dan 2 akhirnya jatuh ke tangan Ragil, dari Ramos Community.

Prestasi Hitler berlanjut saat mengikuti lomba Adira Cup. Sementara Monster, usai mengikuti Piala Pangdam harus istrahat beberapa bulan karena ada bulu yang jatuh. Menurut pemiliknya, Monster seperti ingin menyisip bulu. Sebelum mabung, Hitler memang sudah sering menorehkan prestasi. Dua kali juara 1 di Lapangan Kicau Johor, juara 3 MGWK Flamboyan, dua kali juara 3 di Walikota Cup, dan juara 1 di Garda BC.

Selain punya isian mewah, Kacer Hitler pintar menyita perhatian para juri. Saat berada di bawah gantangan, tonjolan suaranya yang tajam sering digunakan untuk ‘memanggil’ juri. “Jika sudah demikian, juri yang berada jauh dari bawah gantangannya pun pasti akan melirik ke Hitler,” kata Ragil. Ada keuntungan tersendiri punya kacer seperti ini, tak perlu teriak apalagi sampai meneriakkan nomor gantangan. Juri akan melihat sendiri karena burung punya tembakan tonjolan yang istimewa.

Hitler sebenarnya masih tergolong baru dalam rawatan tangan Ragi. Ditransfer sekitar satu tahun lalu, dari kicau mania Aksara, Medan. Saat itu, Hitler belum punya banyak prestasi. Tapi sebagai pemain kelas kacer yang sudah mapan, Ragil melihat Hitler punya kelebihan dalam tonjolan suaranya. Itu yang membuat Ragil tertarik dan memberli Hitler dari pemilik lamanya.

Jika dilihat dari pola rawatannya, bisa dibilang tidak terlalu istimewa. Bahkan rawatannya Hitler sangat standard.

  1. Pagi hari 10 ekor jangkrik tambah 8 ulat hongkong.
  2. Sore hari 10 ekor jangkrik jika sempat. Jika tak sempat pemberian jangkriknya malam hari.
  3. Mandi 1 kali dua hari.
  4. Umbar 1 kali seminggu, yakni pada hari Rabu.

Proses memandikan Hitler sedikit berbeda dengan kacer lain. Kebanyakan kacer jika dimasukkan ke kerambah mandi biasanya langsung jebar jebur. Hitler tidak demikian, terlebih dahulu diberi makan jangkrik, lalu dijemur. Setelah bunyi-bunyi sambil buka-buka ekor dan sayap itu tandanya sudah mau mandi. Jika tidak demikian, dipancing semprotpun Hitler tak mau mandi. Karena malas mandi, untuk menjaga bulu tetap mengkilap dan jauh dari kutu, Shampo Jatijajar tetap dibubuhkan pada kerambah mandinya.

Siap Menyongsong Lomba Tahun 2016

Melihat feporma dua kacer andalannya: Hitles dan Monster, Ragil makin mantap menatap lomba tahun 2016, termasuk lomba yang menggunakan tim juri Ronggolawe. Gala Kicau Ebod Cup yang akan digelar di Pematang Siantar tanggal 24 Januari 2016, Pondok Kicau Delitua Cup I dan beberapa lomba lain sedang dibidik untuk menjajal Hitler dan Monster. Sihotang-23/0812 6312 0000

Media Ronggolawe

Artikel Terbaru

Daftar Juara Latpres Gagak Sakti Team Gresik, Minggu 27 Juni 2021.

Medironggolawe.id – LATPRES GANTANGAN GAGAK SAKTI Gresik, kembali berjalan dengan sukses dan lancar. 17 kelas…

4 bulan yang lalu

DAFTAR JUARA ROAD TO ASRUL CUP 2 MINGGU, 20 JUNI 2021.

Gelaran ROAD TO ASRUL CUP 2 sukses dipadati peserta. Ajang lomba burung berkicau yang digelar…

4 bulan yang lalu

Party Cendeters Season 3 Pesona 15 Community, Cendet Batara Terbaik. Minggu, 20 Juni 2021

Party Cendeter Season 3 gantangan Pesona 15 Community Purwosari, berjalan sukses dan lancar. Ajang lomba…

4 bulan yang lalu

H Sabran Kembali Turun Gunung, Dengan Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran P2BG CUP 1 Gresik.

Kicaumania kawakan dari Gresik H Sabran kembali turun gunung, setelah beberapa waktu absen dari dunia…

4 bulan yang lalu

DAFTAR JUARA ROAD TO SHOW TUBAN AWARD CHAMPIONS 2, MINGGU 13 JUNI 2021.

Gantangan FNR Tuban sukses menggelar Road Show Tuban Award Champions 2 pada Minggu (13/6/21). Dalam…

4 bulan yang lalu

Main 2 Minggu, Sukses 2 Kali Hattrick, Cendet MASTER Milik Syahril Polda

Burung yang satu ini, namanya memang sudah sangat dikenal oleh para cendet mania, hampir setiap…

4 bulan yang lalu