Hati-Hati Musim Hujan Kacer Bisa Pilek

45

Penanganan Kacer Di musim Hujan

Sobat Ronggolawers, dalam waktu dekat musim hujan akan datang itu berarti kita harus mewaspadainya, karena musim hujan tidak bisa dianggap remeh sebab suhu udara bisa tiba-tiba berubah menjadi dingin kadang pula disertai dengan angin kencang. Jelas hal seperti ini akan merepotkan kita sebagai pecinta burung ocehan, katakan saja burung kesayang kita adalah kacer. Diwaktu seperti ini perawatan extra terhadap burung kacer kesayangan kita harus terapkan. Seperti halnya manusia, pengaruh cuaca dingin dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, demikian juga pada burung kacer kesayangan kita.

Perubahan aktivitas kacer akan berubah dari keseharian sebelum musum hujan, sebelum musim hujan kacer terlihat enerjik tetapi ketika musim hujan kacer akan banyak diam diam dengan kondisi bulu agak mengembang sehingga malas untuk berkicau, serta mata sayu dan kadang berair. Dan nafsu makan berkurang serta semangat tempurnya menurun Hal ini harus diperhatikan sebagai pertanda bahwa kemungkinan besar burung sedang sakit, apabila sobat ronggolawers melihat kacer kesayangan menunjukan tanda-tanda seperti ini bisa jadi kacer kesayangan anda masuk angin bisa juga terjangkit flu atau pilek.

Masuk angin dan pilek akan sangat berpengaruh pada performa burung. Hal seperti ini kadang bisa luput dari perhatian kita, tahu-tahu penampilannya di arena lomba tidak maksimalseperti biasanya. Apabila hal demikian dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan mental burung ngedrop dan yang paling fatal dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu pada musim hujan dengan cuaca yang cenderung memburuk, sebaiknya burung tidak dibiarkan berlama-lama di luar rumah, karena apabila hal tersebut dilakukan, maka daya tahan tubuh burung akan merosot tajam.
Apabila sudah seperti ini yang perlu anda diperhatikan adalah suplai extra foodingnya harus disesuaikan dengan kebutuhan si burung kacer, selain itu jangan lupa pula untuk memberikan E-BODRE agar masuk angin dan pilek yang diderita burung kacer kesayangan kita segera sembuh, karena E-BODRE sangat manjur menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan sudah banyak dibuktikan khasiatnya oleh para kicaumania nusantara.

Agar tubuh burung tetap terjaga kehangatannya berikan perlindungan dengan kerodong sangkar. Jangan lupa bersihkan sangkar agar tidak lembab, kotor dan berbau. Karena ada musim hujan segala bentuk bibit penyakit akan dengan mudah berkembang di dalam sangkar. Berikan multivitamin EBOD VIT agar daya tahan tubuh kacer tetap terjaga dan nafsu makannya kembali normal.

Apabila semua ini dilakukan dengan tepat dan benar, tentunya kita tetap dapat menikmati kicauan kacer kesayangan kita dengan kondisi tubuh prima dan akan tetap dapat tampil dengan optimal. Sobat Ronggolawers, demikianlah tadi artikel tentang penanganan kacer dimusim hujan. Semoga bisa memberi manfaat yang lebih bagi anda semua. SALAM RONGGOLAWERS. SALAM KACER MANIA. BRAVO KICAU MANIA NUSANTARA.
Berbagai sumber.
DennySby_21.