Gaya Punk Rock Ciri ‘CUCAK HIJAU AJIB’

108

[doptg id=”668″]

ROLL n SHOOT DAN GAYA PUNK ROCK CIRI CUCAK HIJAU AJIB

Burung Cucak Hijau, merupakan burung endemik Indonesia. Burung yang dapat ditemukan dihampir seluruh kepulauan Nusantara ini, merupakan burung yang mempunyai naluri fighter yang tinggi. Bulu dikepala berdiri / ngejambul dan sayap digetar-getarkan, menjadi ciri khas dari burung jenis ini, ketika melihat lawannya. Burung yang memiliki warna dominan hijau daun dibulunya ini, merupakan jenis burung petarung / fighter. Awal tahun 2000-an burung ini, memiliki penggemar yang sangat banyak.

Salah satu burung Cucak Hijau legendaris, adalah Cucak Hijau bernama Ijo Pupus, jawara Cucak Hijau milik Hananto SH, salah satu kicau mania dari blok tengah, tepatnya dari kota Purwokerto Jawa Tengah. Burung yang menjadi salah satu burung legenda dalam percaturan lomba burung berkicau tanah air ini, kala itu sepak terjangnya sangat luar biasa. Hampir setiap event dikelas Cucak Hijau, selalu dikuasai oleh si Ijo Pupus ini. Aksi panggungnya pun menjadi tontonan sedap bagi kicau mania, dan selalu ditunggu oleh para Cucak Hijau mania kala itu.

Seiring dengan waktu, pamor burung Cucak Hijau pun mengalami penurunan. Kelas yang dulunya selalu full gantangan, kini hanya terisi separuhnya saja. Tetapi bagi seorang Cucak Hijau mania sejati, hal ini tidak menjadi masalah besar. Para penggemar fanatik burung jenis ini, tetap memelihara dan merawatnya dengan baik. Seperti Bobby KCI, salah satu Ijo Mania papan atas yang masih tetap merawat Granat, burung Cucak Hijau jawara miliknya.

Walaupun dalam setiap perhelatan lomba burung berkicau, peserta kelas Cucak Hijau, tidak seperti dulu lagi. Bobby KCI masih tetap eksis dijenis burung ini. Begitupun untuk skala regional, masih banyak para Ijo Mania yang masih tetap eksis dijenis burung berwarna hijau royo-royo ini. Ade Gambir, Farhel Lapasya Oman dan Guru Didi, mereka adalah penggemar fanatik burung Cucak Hijau, dari kota Kuningan Jawa Barat. Guru Didi yang berhasil ditemui oleh penulis, ketika mengikuti sebuah latber, burung Cucak Hijau jawara miliknya, berhasil menyabet posisi juara ke 1.

Ketika ditanya bagaimana perawatan burung Jawara miliknya bisa tampil prima, hingga menyabet posisi juara 1. “Saya tidak neko-neko dalam merawat si Arco ini, perawatan harian seperti pada umumnya, yang penting 2 hari menjelang dilombakan, si Arco saya beri 3 tetes EBOD JOSS pada air minumnya, bisa akang lihat aksinya tadikan?… burung ngetrok dan bongkar isian, pokoknya Joss…joss…josslah “celotehnya, dengan raut wajah sumringah.

Burung yang dalam penilaianya harus memiliki kriteria roll nembak, dan ditunjang dengan gaya khas dari jenis burung ini, ketika bertemu dengan lawanya, yaitu “ngetrok”, akan membuat sempurna aksinya. Suara ngeroll yang tajam-tajam, lalu dipungkas oleh suara tembakan yang panjang dan tajam pula, akan memikat hati dewan Juri dan menobatkanya sebagai juara.

Tips mencetak agar Cucak Hijau ngetrok dan bongkar isian.

  1. Piih burung yang berjenis kelamin jantan.
  2. Pilih burung yang memiliki dasar suara tajam/ kasar dan volume suara keras.
  3. Ajak teman yang mengerti tentang Cucak Hijau sebagai pemandu, jika anda belum begitu faham untuk memilih burung yang mempunyai prospek bagus. Teman yang bisa anda percayai tentunya.
  4. Pilih burung yang mempunyai bentuk tubuh proposional.
  5. Warna bulu ijo pupus, warna ini biasanya memiliki mental yang bagus.
  6. Burung sebaiknya yang sudah mau makan voor.
  7. Pilih burung yang memiliki kondisi tubuh sehat dan energik.
  8. Sorot mata yang tajam.

Langkah selanjutnya agar burung memilki irama dan variasi lagu yang banyak. Pelihara burung masteran yang banyak. Pilihlah burung-burung masteran yang memiliki suara kasar dan tajam, sebagai guru vokal bagi Cucak Hijau anda. Mandi, penjemuran, extra fooding disesuaikan dengan karakter burung. Beri buah-buahan segar, sebagai makanan pokoknya. Dengan cara bergantian setiap harinya. Air minum diganti setiap pagi. Sebagai sesama makhluk hidup, burungpun memiliki hati. Rawatlah burung anda dengan memakai hati, jangan sesuka hati. Dia akan membuat hati anda gembira. 5758.