GARDA TEAM RAHASIA RAWATAN MABUNG BURUNG JAGOAN , AVATAR “BUKA URAT” DI DUA EVENT NASIONAL DENGAN HASIL MAKSIMAL

149

Avatar – Garda Team, perdana selesai mabung langsung “Buka Urat” tampil maksimal di dua event nasional, Piala Wibawa Mukti II juara 2 dan Presiden Cup V juara 3 dengan hanya berselang dua minggu dari masing-masing event tersebut.

“Hoki, itu tepatnya. Lawanya berat, tapi wajib sangkar seragam dan bersih tampa ranjau itu yang membuat Avatar bisa juara. Lawannya tampil kurang maksimal, ada yang nyemplung ada pula yang jadi galak” jelas bang Arif merendah soal Avatar.

Menurut Bang Arif Bewok sebagai perawat Avatar, selain burung mapan juga pola rawat saat mabung menjadi salah satu kunci stabilnya. Biasanya untuk burung pasca mabung memerlukan adaptasi untuk bisa kembali tampil stabil, mulai latberan dengan durasi waktu penilaian yang tidak lama, baru main ke tingkat nasional. Namun Avatar selalu begitu, pasca mabung langsung bisa dimainkan di event national dengan durasi penilaian yang lebih lama. Asupan makanan selama mabung adalah rahasianya, pakan/voer yang penuh protein dan EF yang mencukupi. Untuk voer setiap mabung selalu diganti dengan yang kandungan proteinya tinggi atau biasanya khusus voer untuk setingan lomba biasnya. Untuk EF, jangkrik di markas Garda Team selalu diterapi khusus sebelum diberikan pada jagoan-jagoanya. Setiap beli dari kios disimpan sehari dengan diberi makan voer, sayuran dan kunyit itu dilakukan supaya jangkrik yang dikonsumsi benar-benar aman dan kandungan gizinya terjaga. Untuk terapi EF/jangkrik seperti ini sudah ada beberapa kicau mania juga yang menerapkanya dan terbukti efektif.

“Burung mabung bulu rontok, saat proses pertumbuhan bulu memerlukan banyak asupan gizi. Semua harus dipenuhi dengan baik, EF dan Voer yang berprotein tinggi sangat bagus untuk proses itu. Jadi saat burung selesai mabung bisa langsung adaptasi dengan baik untuk dilombakan. Jadi jangan takut burung jadi gemuk atau tidak maksimal lagi nantinya” jelas Boni “iyem” Ambon.

Rawatan harian Avatar tidak ada yang special, harian jangkrik 5-5, jemur dan rutin mandi pagi, kecuali saat lomba malamnya harus mandi. Kuncinya hanya dijeda istirahatnya saja, Avatar hanya bisa tampil maksimal saat turun dilomba dengan jeda istirahat dua minggu sekali.

Garda Team memiliki beberapa jagoan dengan perawatnya masing-masing. Untuk saat ini yang sedang on fire diantaranya Kacer Morena rawatan Boni “iyem” Ambon, kacer Merak dan Murai Alonzo yang dirawat Mandor Icanx. Morena, kacer lama dengan keunikan sendiri, tampil rapi, duduk manis dengan satu tangkringan tanpa lompat ke jari-jari. Untuk ukuran umur Morena terbilang tua, pernah dijual ke Kalimantan dan menjadi jawara disana, karena “mandek” pasca mabung akhirnya kembali ke Garda Team.

Burung-burung jagoan Garda Team untuk saat ini semua sedang on fire, siap bersaing dengan burung-burung jagoan tim lain. Dengan pola rawat yang teratur membuat semua bisa tampil stabil. Beda burung beda pula pola rawatanya, semua perawat harus bisa memahami karakter burung masing-masing. Semua perawat Garda Team selalu berkonsultasi dengan Bang Arif Bewok sebagai senior.

“Perawat burung harus bisa memahami burungnya masing-masing, tapi untuk sharing rawatan di tim ini tidak diharamkan malah sangat dianjurkan untuk kebersamaan. Jadi disaat siperawat ada halangan untuk rawatan harian atau lomba, perawat lain bisa mengantikanya. Intinya burung disini adalah burung bersama” menurut Bang Arif Bewok.