Kategori: Profil

Gantang Di Launching APBN Sumut Kacer Dragon Pecahkan Misteri Gantang Pinggir

MEDAN – Kacer Dragon, milik Amrizal dari MBK BC, dua kali juara satu atau double winner di lomba launching lapangan kicau Asosiasi Penangkar Burung Nusantara (APBN) Korwil Sumut, Minggu 31 Maret 2019. Karena meraih juara di kelas utama, Dragon pun dinobatkan menjadi Kacer Duta APBN Korwil Sumut.  Di kelas murai batu, gelar itu disematkan pada Pajero, milik Nursal, kicau mania asal Langsa, Aceh Timur.

Itu sesuai dengan pernyataan Ketua APBN Sumut, Manik Ginting, yang sebelumnya menyatakan, bahwa juara satu di kelas utama murai batu ekor putih dan kacer akan ditetapkan sebagai duta APBN Korwil Sumut untuk mengikuti lomba burung berkicau di Pulau Jawa.

Sebagai hadiah, APBN Sumut akan memfasilitasi jika pemilik burung ingin gantang di Pulau Jawa. Fasilitas tersebut berupa tiket pulang dan pergi.

Tak bisa dipungkiri, Gelar Kacer Duta membuat sang pemilik Amrizal merasa bangga. Tapi, dibalik itu semua, ada yang membuat Amrizal lebih senang lagi. Sebab, gelar double winner yang diraih dari lapangan APBN Korwil Sumut, saat Kacer Dragon, andalannya itu gantang  di tengah.

Amrizal dan Kacer Dragon andalannya usai gantang di Lapangan APBN Korwil Sumut, Minggu 31 Maret 2019. (foto: Halim Project)

Itu artinya, nyinyir yang menyebut Kacer Dragon hanya bisa meraih juara 1 kalau gantang pinggir alias 1 atau 6, telah terbantahkan.  Amrizal memang mengakui, Dragon pernah gagal meraih juara saat gantang di tengah. Tapi saat itu, ada situasi yang mengganggu Kacer Dragon. “Tak jauh dari gantangannya ada kacer nabrak-nabrak dan itu sangat mengganggu bagi Dragon,” kata Amrizal, kepada mediaronggolawe.id, kemarin. Tapi sekali lagi penampilan di APBN Sumut telah mementahkan semua tudiangan bahwa Kacer Dragon hanya bisa juara jika gantang di pinggir.

Kacer Dragon baru sekitar dua tahun bersama Amrizal. Selama dalam rawatannya, Dragon sudah gantang di berbagai lomba di Sumbagut. Diantaranya, Sumut, Padang, dan Aceh. Dan telah pula mengumpulkan sekitar 100 sertifikat juara 1 dan 50 lembar gelar juara 2.

Degi segi rawatan tak jauh beda dengan kacer-kacer lain. Mandi,  jemur dan umbar adalah rawatan harian yang harus dijalani. Ekstra voding terbiasa dengan jangkrik, ulat hongkong dan ulat bambu. Forsi antara 10-30 ekor per hari. (sihotang-medan)

Bagikan
Diterbitkan oleh

Artikel Terbaru

  • Berita Lomba
  • Profil

H Sabran Kembali Turun Gunung, Dengan Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran P2BG CUP 1 Gresik.

Kicaumania kawakan dari Gresik H Sabran kembali turun gunung, setelah beberapa waktu absen dari dunia…

9 jam yang lalu
  • Berita Lomba
  • Hasil Lomba

DAFTAR JUARA ROAD TO SHOW TUBAN AWARD CHAMPIONS 2, MINGGU 13 JUNI 2021.

Gantangan FNR Tuban sukses menggelar Road Show Tuban Award Champions 2 pada Minggu (13/6/21). Dalam…

3 hari yang lalu
  • Berita Lomba

Main 2 Minggu, Sukses 2 Kali Hattrick, Cendet MASTER Milik Syahril Polda

Burung yang satu ini, namanya memang sudah sangat dikenal oleh para cendet mania, hampir setiap…

7 hari yang lalu
  • Berita Lomba

Sangkar “MAWAR” Masih Stabil Mengharumkan H. Mahfud & Crazy Kenari.

Turun di laga akbar, P2BG Cup 1 Gresik, dengan membawa gacoan andalan SUGENG DALU pasukan…

2 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

P2BG Cup 1 2021, Gantangan Pasar Burung Giri Gresik. Sukses Di Padati Kicau Mania Dan Lovebird Mania Jawa Timur, Minggu 6 Juni 2021.

Burung-burung mulai dari legendaris dan pedatang baru dengan kualitas ampuh pun juga turut hadiri gelaran,…

2 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

Anniversary 1st SMM, Aba Chamto jadi juara sejati gondol Mobil Brio + Data juara. Minggu, 06 Juni 2021.

Pagelaran lomba burung berkicau terakbar khusus Murai Batu yang bertajuk Anniversary 1st SMM ( Seduluran…

2 minggu yang lalu