Dzaky Cannary Brebes Community, Yang Muda Yang Berprestasi

102

Kabupaten Brebes adalah salah satu kabupaten paling barat dari Propinsi Jawa Tengah dan lebih dikenal dengan nama Pantura bagian barat. Salah satu desa yang terletak di bagian utara Kabupaten Brebes, namanya Desa Randusanga Wetan. Dari desa ini lah tulisan ini dimulai.

Datang dari Kota Banjarnegara, 2009, Pria ini mulai menetap, karena istrinya berasal dari Desa Randusanga, yang dikenal dengan tambaknya. Dia sendiri bukan seorang petani tambak, melainkan seorang konstruktor di bidang besi, dan karena tuntutan pekerjaan, jarang sekali berada di rumah.

Mulai tahun 2015, karena kesibukan yang berkaitan dengan pekerjan tidak begitu menyita waktu, Om Dzaky, begitulah nama aslinya, mulai sering berada di rumahnya. Pada tahun itu juga, hobi memelihara burung mulai tersalurkan. Kenari adalah burung yang digemarinya, selain warnanya menarik, suaranya pun merdu. Seringnya bertemu dengan orang-orang yang berhobi sama, mulailah Om Dzaky membentuk perkumpulan pecinta kenari. Dengan sifatnya yang humble, banyak anak-anak muda usia yang bergabung dengan perkumpulan yang dibentuk Om Dzaky, bahkan mereka memberikan nama perkumpulan, dengan sebutan Dzaky Cannary Brebes Community. Tercatat jumlah anggota 15 orang.

Semangat anak-anak muda dalam komunitas yang dibentuk Om Dzaky memang luar biasa, bermain burung kenari tidak hanya di tempat lokal saja, bahkan sampai even besar mereka ikuti. Yang Muda Yang Berprestasi, demikianlah Om Dzaky selalu memberikan suport kepada anak-anak muda. Terbukti even sekelas Presiden Cup 2016 menempati posisi 3 dan 4, Piala Raja 2017 menempati posisi 5, Piala Canting 2018 menempati posisi 3 dan 5, Piala Pasundan II menempati posisi 2 dan 3. Itu lah beberapa prestasi yang diperoleh, dan tidak terhitung lagi kejuaraan yang mereka ikuti di tingkat latpres / regional.

Dengan suasana santai,  Laki-laki yang sudah mempunyai 2 orang anank ini bercerita bagaimana bekerja dengan anak-anak muda. “Bekerja dengan anak-anak muda sangat menyenangkan, mereka penuh semangat meskipun mereka bekerja dengan bercanda”. “Bahkan mereka sendiri yang membentuk susunan organisasi”.

Ketua                    : Om Dzkay

Sekretaris              : A. Rizky

Bendahara              : Pramudya

Beberapa waktu yang lalu, wilayah Tegal dan sekitarnya minat kicau mania terhadap kenari sedkit menurun, tetapi tidak menyurutkan tekad Dzaky Cannary Brebes Community untuk tetap setia berkarya dengan kenarinya. Bahkan sudah mempersiapkan amunisi baru untuk even-even yang akan datang. Yang terpenting, menurut Pria asal Banjarnegara ini, “Tetap konsisten dengan cita-cita untuk  tetap berprestasi, jangan merasa pandai sendiri, sesama anggota harus selalu sharing pengalaman,  selalu akur dan kompak.” Demikian nasihat Om Dzaky. (yus-tegal)