Dipermudah Akses Tol, Piala Canting 4 Dipastikan Akan Jadi Ajang Silaturahmi dan Adu Gengsi Jawara Dari Semua Blok

Gerbang Tol Batang - Pekalongan siap menyambut Kicau Mania yang hadir (Sumber Foto Google Map)

Salah satu faktor pendukung sukses atau tidaknya suatu gelaran kompetisi dan pameran burung berkicau adalah lokasi. Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau akan sangat mendukung. Didukung akses tol yang mudah, Piala Canting 4 dipastikan akan jadi ajang silaturahmi sekaligus adu gengsi jawara dari semua blok. Hanya 5 menit dari Pintu Tol Batang – Pekalongan, berlokasi di Komplek Lapangan Asrama Brimob, Jl. Dr. Soetomo Kalibanger Pekalongan (keluar Tol belok kiri).

“Kalo tidak ada halangan dipastikan hadir bawa Lemah Ireng, skarang dipermudah akses tol, Cikarang – Pekalongan bisa ditempuh PP. Dulu main jauh terkendala jarak sama waktu, main luar kota harus nginep. Tiket sudah pesen nanti tinggal bayar” ujar om Hasan Pambudi salah satu kicau mania dari blok barat yang siap meramaikan Piala Canting 4.

Dari data pesanan dapat terlihat, tidak hanya dari kota sekitar saja yang akan hadir meramaikannya. Banyak pesanan dari luar kota, dari barat Pulau Jawa jawara-jawara dari Jabotabek, dari ujung timur jawara Surabaya sudah banyak yang memesan tiket. Dari tengah sendiri sudah dipastikan hadir Semarang, Jogja, Purwokerto. Antusias pemain juga didukung oleh waktu yang tepat, setelah libur panjang Hari Raya, libur pula lomba burung sehingga gacoanya tepat untuk dilombakan setelah istirahat panjang.

Brosur Piala Canting

“Pesanan terus mengalir, luar kota sudah banyak. Mungkin karena pengoperasian tol baru, ke Pekalongan jadi mudah dan cepat. Untuk yang mau PP tidak perlu khawatir tol dijamin lancar. yang mau mneginap juga jangan takut, hotel murah dan burung jagoan bisa masuk kedalam kamar. Sebelum lomba bisa berwisata kuliner dulu malam harinya. Lesehan sambil makan atau sekedar ngopi-ngopi ngobrol bareng yang lain. Pastinya akan banyak teman nantinya. Yang mau belanja batik juga dekat dengan Pusat Grosir Setono yang sama-sama di Jl. Dr. Soetomo ” ujar om Egi sekalu ketua panitia.

Pusat Grosir Setono Pekalongan, yang lengkap menyadiakan berbagai macam jnis batik (Sumber Foto Pusat Grosir Setono)

Sudah menginjak tahun ke-4, tahun ini diharapkan akan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan kemasan menarik dan sistem penjurian yang terus diperbaiki. Dikicauan akan diterapkan Resistian, seperti kita ketahui sistem ini sangat efektif dari segi waktu dan sangat obyektif. Di penilaian Love Bird akan digunakan banyak juri, satu juri hanya akan memantau 4 burung.

Penilaian Love Bird melibatkan banyak Juri, satu Juri menilai empay burung saja.

Selain itu juga akan diadakan APBN Exspo, dengan agenda pameran dan lomba trotolan murai ring APBN. Lomba trotolan adalah hal yang baru, ini kali kedua setlah sebelumnya diadakan di Sentul bersamaan dengan Piala Presiden RI.

“Ini salah satu cara untuk memotivasi para penangkar, terutama anggota APBN. Lomba trotolan memang hal baru dan akan terus kami perkenalkan kepada seluruh kicau mania. Jadi tidak hanya penangkar saja yang bisa ikut berlomba. Kicau mania yang bukan penangkar juga bisa. Kicau mania yang sudah beli trotolan ring APBN boleh ikut dilombakan trotolanya” ujanr Kang Dody selaku menses APBN.

Kriteria Penilaian Lomba Trotolan