Diklat Murai Bekasi – Kawah Candradimuka Untuk Murai Batu

573

Peluang bisnis dapat berasal dari mana saja, dengan ide kreatif yang awalnya hanya iseng bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan, Om Hairul Jaman membuktikanya. Berawal dari merawat satu dua ekor murai batu milik teman, berbekal informasi dari mulut kemulut Diklat Murai Bekasi (DMB) saat ini telah memiliki lima puluhan labih ekor siswa (sebutan untuk murai yang dirawat).

Crew Diklat Murai Bekasi.

DMB menerima beberapa kategori siswa dengan masalahnya masing-masing. Untuk setandar kelulusanya sendiri berdasarkan masalahnya tersebut, atau tergantung pemiliknya.

  • Perawatan trotol untuk dimaster dengan baik, biasanya akan diambil setelah lepas trotol.
  • Perawatan burung muda hutan, akan dinyatakan lulus apabila sudah agak jinak.
  • Perawatan burung drop/bermasalah dilapangan akan dinyatakan lulus apabila mentalnya sudah kembali dan siap dilombakan.

Dari semuanya itu menurut Om Hairul yang terpenting adalah pengkondisian mental, terutama untuk burung-burung eks juara. Biasanya akan dicoba gantang dilapangan, bila sudah siap mau kerja atau bahkan juara biasanya akan diambil kembali oleh pemiliknya.

Bersama Om Maksum (Panglima, Kiansantang) dan Om Fajar (Jet Lee) langanan setia DMB.

“Burung eks juara yang dititip disini semua akan dicoba dilapangan untuk tes mental dan setingan. Apabila sudah mau kerja atau bahkan juara akan diambil kembali oleh pemiliknya. Untuk biaya gantang sudah tidak kena biaya tambahan lagi, tes gantangan adalah bonus untuk burung eks prestasi. Untuk biaya bulanan sebesar empat ratus ribu rupiah per burung, sudah bersih tidak kena biaya tambahan lagi” ujar Om Hairul.

Apabila ada yang berniat menitipkan burungnya wajib diantar langsung. Om Hairul tidak mau dikirim melalui jasa pengiriman apapun, karena untuk saling mengenal dan supaya mereka langsung mengetahui lokasi Diklat Murai Bekasi.

“Usaha ini hanya bermodal kepercayaan saja, jadi saya mau yang menitip disin i semua percaya. Minimal tau alamatnya dimana, bertemu saya langsung supaya konsumen benar-benar percaya. Pernah ada dari Solo ingin menitip disini dan diantaar langsung oleh pemiliknya” ujar om Hairul

Jaguar – Ratu SF, juara di Mutiara Cup BnR Depsos Bekasi (24/03)

Untuk murai hasil rawatan DMB sudah lumayan banyak, diantaranya Geger milik Hj. Martunda (HMR). Murai batu ini sempat bermasalah, setelah dirawat saat ini telah siap untuk kembali dilombakan. Jaguar milik Ratu SF yang pada Minggu (24/03) menjadi juara di event Mutiara Cup BnR Depsos Bekasi. Jet Lee milik Om Fajar Permana yang sudah sering menjadi juara di latberan di wilayah Bekasi Utara. Beberapa burung lainya :

  • Yokohama – Risky MBB
  • Bonjovi – Adhi Afri
  • L950 – Argavian
  • Mushasi – Evan Tambun
  • Panglima & Jaka – Bos Tahu
  • Semut Geni – Panji
  • Terano & Petrus – Mr. X
  • Dll
Deretan sangkar, siswa di Diklat Murai Bekasi

Saat ini DBM mempunyai dua orang perawat yang membantu Om Khoirul, karena siswa yang semakin bertambah. Untuk pemasteran Om Khoirul lebih banyak menggunakan Mp3. Menurutnya akan lebih mudah di rekam oleh murai, untuk beberapa burung tertentu malah akan membuat murai semakin drop bila menggunakan masteran asli.

Untuk rawatan harian vitamin dan voer pemberianya sesuai dengan kebutuhan burung. Untuk burung drop kurang kondisi dan trotolan harus diberi voer berprotein tinggi. Om Hairul mempercakanya pada Nanjung 105. Untuk vitamin Ebod Joss dan Ebod Vit menjadi andalan, produk lama Ebod Jaya yang sudah terpercaya.

Om Hairul tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada wali murid atau pelangan setia yang telah menitipkan murainya di DMB diantaranya adalah MBB, KMBF, Ratu SF, Zuluf SF, HMR, Pakde Joko Ireng, Dede Hidayat, Rizky Fauziansyah, Ical DMB dan masih banyak lainya.