Dade BF Peternak Burung LB Trah Jawara

116

Ring Arsenal, Ring Yasmin Jadi Indukan Unggulan

Peternak burung love bird kini kembali menggeliat, melihat pasar yang positive dengan banyak permintaan, membuat para peternak bergairah. Hal ini dirasakan Pk Dade dari Cibaduyut, pemain akar rumput ini, tergerak hatinya untuk menangkarkan burung  love bird. Bermodal  sebagai penghobi rumahan, Dade mampu mewujudkan ambisinya. Beberapa pasang indukan love bird mengisi kandang ternaknya, yang dibuat sendiri secara sederhana. Tetapi jangan berpikir bahwa indukan yang ada tak berkualitas atau sesederhana kandang ternakanya.

Dade mengungkapkan kalau indukan  yang kurang lebih ada 7 pasang itu, merupakan indukan pilihan yang dia beli dari beberapa penangkar dan pemain besar Bandung. Sebut saja beberapa pasangan  lutino, merupakan induk unggulan ring Arsenal. Begitu juga dengan warna marimas dan kobal, dua pasang yang dia ambil dari temanya yang sering kelapangan, bahkan ada satu bibitan harga satuannya diatas sepuluh juta, tentu ini menghebohkan buat peternak yang terbilang baru, ia mampu mengumpulkan bibitan dari kandang ternak ternama Bandung.

Pembicaraan yang terbilang tinggi dari Dade ternyata bukan hisapan jempol semata, ini terbukti dari anakan yang telah dihasilkan dari kandang ternaknya, beberapa sudah moncer dilapangan, terlebih dari indukan ring Arsenal berwarna Lutino, anakanya menjawara ditempat barunya. Kini menyusul anakan dari  Si sayang dan Konslet, Jantanyn warna kobal dan betina nya ijo kepala hitam, anakannya sudah berperstasi dilapangan. “ Saya tak mau omong takabur apalagi sombong, hampir semua indukan yang saya ternak semuanya menghasilkan anakan jawara, sehingga beberapa pemain lapangan sering datang untuk meminta anakan dari kandang ternak saya “ Ungkapnya.

Dade yang mendapat dukungan dari Ayahnya H.Asep penghobi lawas yang mengerti kualitas burung, makin mantap untuk terus berburu indukan yang berkualitas.Pernyataannya didukung dan dipastikan sang ayah yang mengungkapkan bahwa indukan yang diternakan harus ada sertifikat atau yang  sudah juara . “ Benar sarat indukan yang akan diternakan disini harus punya sertifikat lomba, baik jantan apalagi betinanya” Terang H.Asep ayahhanda Dade.  Belum genap setahun Dade BF telah menghasilakan hampir 30 anakan, semuanya memiliki darah jawara dengan mental temput yang tinggi.

Hal tersebut telah terbukti dengan beberapa anakannya yang sebagai telah pindah tangan mampu memberikan prestasi membanggakan. Begitu juga dengan anakan yang digangnya, Nakula dan Sadewa telah meraih  trophy juara pertama dan kedua dari gelaran BnR, disusul Gaya, Puja yang kini mulai prlihatkan kualitasnya dilapangan. Kesuksesan yang diraih saat ini oleh Dade BF, tak lepas dari perawatan yang benar, mulia dari pakan yang berkualitas serta vitamin penunjang breedingnya yang tepat.

Saat ini  Miltih menjadi pakan dasar untuk ternaknya dan Vitamin Ebod Breeding untuk meningkatkan produktivitas indukan, agar cepat berproduksi  dengan anakan yang banyak. Sementara untuk mengatasi indukan atau anakan yang  terkena penyakit snot, mata meler, Dade memberikan Eboddre dan Bio –Snot. Hasilnya memang menakjubkan, burung sehat kembali dan produksi  berjalan lancar.(Yanyan)