Cucak Rawa / Rowo Macet Bunyi. Terapi Kerekan Solusinya

508

[doptg id=”2693″]

 

Bila dilihat dari sejarahnya, cucak rawa mungkin bisa dikatakan sebagai burung mewah dikarenakan suaranya yang keras serta kencang, hingga bisa terdengar dari jarak cukup jauh, serta dapat jadi lambang status sosial untuk pemiliknya. Maka dari itu harga burung Cucak rawa / cucak rowo ini selangit di arena lomba burung pun harga tiket pendftaran di kelas cucak rawa / cucak rowo lebih mahal dari harga tiket dari jenis burung lain. Namun bagaimana bila burung cucak rawa kebanggaan milik kita tiba-tiba macet bunyi?

Untuk memecahkan permasalahan ini mari simak ulasan artikel dibawah ini sebagai pandauan sobat ronggolawers apa bila mengalami hal serupa.

Ada sebagian faktor penyebab cucak rawa macet bunyi, yang sangat umum adalah burung cucak rawa dalam kondisi stres. Untuk burung ocehan jenis lain, dalam menangani burung yang stress banyak metode yang ditempuh dan diterapkan, tetapi untuk menangani cucak rawa/rowo yang stres yang paling venomenal mungkin hanya terapi kerekan saja, sebab tidak semua jenis burung ocehan menjalani terapi seperti ini jika kondisinya stres. Barangkali terapi kerekan dapat jadi jalan keluar untuk menangani cucak rawa macet bunyi disebabkan stres. Langkahnya pun sangan sederhana:

  • Buat tiang gantangan bahannya bisa dari bambu atau besi, dengan menggunakan tali serta kerekan, sama persis dengan gantangan kerekan yang biasanya digunakan untuk menggantang burung perkutut.
  • Kemudian salah satu ujung (anggap saja dasarnya) dimasukkan didalam lubang tanah,
  • Tingginya tiang cukup 4 meter.
  • Pilih lokasi tiang gantangan kerekan berada di areal pohon-pohon rindang, supaya burung tidak kepanasan.
  • Kerek dan gantunglah sangkar burung cucakrawa yang macet bunyi selama hari, sepanjang sekian hari hingga ia terdengar berkicau kembali.
  • Burung yang pulih dari stres umumnya dapat mempunyai kicauan semakin bagus melewati terapi ini. Kenapa? Karena cucak rawa berkesempatan seperti hidup di alam bebas. Saat ia mendongak ke atas, pandangan mata dapat tertuju ke langit biru, juga pohon-pohon rindang.

Terapi kerekan ini biasanya akan memberikan hasil lebih kurang setelah 4-7 hari, tergantung dari tingkat stres si burung.

Cucakrawa macet bunyi disebabkan hal-hal lain

Perlu sobat Ronggolawers ingat, tidak semua cucak rawa/rowo macet bunyi dikarenakan burung alami stres. Mungkin saja cucak rawa/rowo macet bunyi dikarenakan sebagian factor di bawah ini:

  • Mental drop sesudah ikuti lomba / latber, baik juara ataupun kalah. Burung juara juga dapat drop mental sesudah lomba, dikarenakan staminanya terkuras habis ketika berlaga.
  • Macet bunyi setelah mabung, cucak rawa/rowo juga kerap macet bunyi disebabkan perawatan mabung yang tidak maksimal selama proses mabung.
  • Bisa juga macet bunyi karena dipindah kesangkar baru.

Salam Ronggolawers.Salam Kicau Mania Nusantara.!!!
Berbagai sumber.
DennySby_33.