Cucak Ijo Mania Indonesia (CIMI) – Karena Persaingan Hanya 15menit di Gantangan

100

Berawal dari seringnya bertemu di gantangan, satu hoby Cucak Hijau. Ide-ide mulai muncul saat melihat banyaknya komunitas yang ada. Om Eko SBW, Pa Budi Alken, Om Danang Telaga, Om Sigit, Om Yoko, Om Yogi, Om Andi Bewok dan masih banyak yang lain sepakat membetuk Cimi pada bulan Maret 2017. Salah satu tujuannya adalah untuk menyatukan para pecinta Cucak Hijau dan menggurangi persaingan di luar gantangan. Karena tidak saling mengenal makan saat ada burung lain yang juara biasanya akan timbul persaingan sampai di luar gantangan.

“Awalnya karena kita lihat semakin ramainya gantangan cucak hijau. Persaingan di gantangan semakin ketat, oleh karenanya kita sepakat untuk membentuk CIMI. Dengan salah satu tujuanya adalah supaya sesame cucak hijau mania saling mengenal satu sama lainya. Dengan demikian maka persaingan yang ada hanya akan terjadi di ganatangan saja, karena kita sudah saling mengenal satu sama lainya oleh karenanya rasa kebersamaanlah yang akan kita utamakan. Seperti moto CIMI, Indahnya Kebersamaan.” Ujar om Eko Sbw selaku ketua Cimi.

Om Eko SBW – Ketua Cimi

Susunan kepengurusan Cimi adalah om Eko Sbw sebagai ketua, Om Sigit sebagai wakil, Om Yogi sebagai bendaraha, Om Andi Bewok sebagai humas dan ada Pembina Om Danang dan Om Kusri Yoko. Perdana mengadakan acara kopdar adalah di gantangan Senbis, Oesman Organizer waktu itu. Setelahnya selalu aktif meramaikan acara kopdar dari satu gantangan ke gantangan lainya. Sempat kurang aktif karena kesibukan masing-masing di tahun 2019 ini Cimi akan kembali meramaikan kelas cucak hijau. Diawali dengan perayaan anniversary yang diadakan di bulan Maret 2018.

“Perwakilan Cimi juga selalu hadir disetiap event nasional dalam dan luar kota, terutama untuk anggota yang masih muda, masih semangat dan punya banyak seperti Yogi, Angga, Veank, Oppie, dan Heri MKR. Untuk anggota lain seperti saya sendiri, Pa Budi Alken bukanya tidak mau tapi terhalang waktu dan tanggung jawab pekerjaan. Yang senior dan aktif paling Mas Danang dan Om Yoko mereka masih aktif, tak mau kalah dengan yang muda-muda. Namun untuk acara kopdar bersama Cimi di seputaran bekasi semua anggota salalu siap hadir turut aktif meramaikan” ujar om Eko SBW.

CIMI – Meramaikan gelaran Piala Presiden Indonesia (Sentul, 31/03/2019)

Mempunyai burung jagoan masing-masing tidak membuatnya bersaing dengan tidak sehat. Mereka sadar karena persaingan untuk menjadi yang terbaik hanya 15 menit di gantangan, selebihnya adalah silaturahmi dan persabatan. Saling bertukar ilmu, pengalaman dan setingan adalah hal yang biasa dilakukan. Om Budi Alken adalah salah satu senior Cimi dengan segudang pengalamnanya, sosok yang kalem ini tak pernah segan untuk berbagi ilmu perawatan cucak hijau.

“Jagoan lagi pada ngga beres, makanya main pinggiran saja dulu. nanti kalo udah punya juagoan yang oke pasti kita ikut aktif lagi. Selain itu juga karena waktunya sekarang sudah susah gantang, kerjaan ngga bisa di tinggal” ujar Pa Budi Alken, pemilik cucaj ijo Pitak.

Om Yogi – Acara Aniversari Ijo Mania Sejagad, Ken Ken selalu meraih podium (Koko, 28/04/2019)

Kedepannya Cimi berharap agar komunitas cicak hijau semakin solid. Mereka sadar bahwa cucak ijo masih masuk sebagai salah satu burung yang di lindungi. Melalui komunitas seperti ini nantinya diharapkan dapat menjadi wakil untuk menyuarakan suara para kicau mania khususnya cucak hijau kepada pemerintah agar tidah lagi masuk dalam daftar yang dilindungi.