Comeback Murai Batu Simalungun – Tak Sempurna Namun Tetap Menawan

78

Cikarang (07/007), acara Launching Latber Minggu PBC menjadi saksi come back murai Batu Simalungun milik Om Hasan Pambudi yang juga ketua APBN Bekasi Raya. Selama tiga bulan dicoba untuk ditangkarkan, namun gagal, perdana digantang berhasil dua kali runner up di kelas murai batu loss gantangan.

“Baru cabut dari sangkar ternak, kemaren dilihat ada rontok bulu halus. Makanya mau dikondisikan, kalo memang waktunya mabung, ya biar mabung dulu supaya nantinya maksimal. Gagal dijodohin, tiga bulan dikandang ternak,  sudah habis 3 betina, semua dibantai” ujar Om Hasan.

Simalungun, masih menjadi salah satu murai yang tampil stabil sampai saat ini di wilayah Cikarang – Bekasi. Penampilan apiknya dievent lintas EO beberapa bulan lalu membuat banyak yang tertarik. Namun beberapa tawaran yang mengiurkan dengan angka fantastis tidak membuat Om Hasan tergoda. Sayang tidak disebutkan berapa tawaran yang sudah masuk. Saat ditanya soal mahar yang harus dikeluarkan Om Hasan Pambudi pu tidak mau menyebutkanya. Karena untuk saat ini memang tidak ada niat untuk menjualnya.

Bersama Om Rust Wijaya ikut meramaikan kelas cujak hijau

“Yang mahal adalah prosesnya, saya rawat dari muda. Dari burung yang awalnya main tidak bisa diam, selalu nampar tapi seiring bertambahnya umur mainya semakin tenang, karakternya benar-benar berubah. Saya juga jadi belajar sama ini burung, seiring bertambahnya umur pembawaan kita juga seharusnya semakin tenang” ujar Om Hasan Pambudi menjelaskan kenapa dia selalu menolak penawaran untuk Simalungun.

Om Hasan Pambudi sedang berusaha menjodohkan Simalungun dengan indukan betina pilihan, namun selalu gagal.

“Sudah tiga betina pilihan tapi gagal terus. Nanti coba pake indukan biasa dulu, jadi kalau sampau dibantai parah ngge begitu nyesek. Indukan betina trah pilihan harganya lumayan juga soalnya. Mungkin birahinya yang belum stabil. Bekas burung lapangan jadi birahinya masih naik turun. Saat ini alhamdulillah sudah ada dua indukan yang berhasil bertelur, sedang proses pengeraman semoga berhasil. Yang pasti indukan dari Jantan juara sama betinanya trah. Sekian lama akhirnya bisa berhasil juga. Jadi ngga malu, ketua APBN masa ternaknya gagal terus” ujar Om Hasan Pambudi sambil bercanda

Mendengar Simalungun masuksangkar ternak sudah ada beberapa orang langsung tertark untuk mendapat anakanya.