Citra BC Plintahan Pandaan, Aset Bumdes Berdiri Setahun Lalu, Kini Berkembang jadi Gantangan Favorit dan Ikonik di Kota Pandaan, Pasuruan.

111

Bumdes atau badan usaha milik desa adalah usaha yang dikelola oleh lembaga yang bernaung di sebuah desa. Hal itu juga berlaku di Ds. Plintahan Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Memanfaatkan fasilitas sumber daya yang dimilikinya dan dukungan penuh dari warga dan pemerintah daerah setempat, demi meningkatkan investasi dan pemasukan Desa akhirnya sekelompok remaja dari Karang Taruna Ds. Plintahan yang di ketuai mas Echung Dkk mendirikan Gantangan lomba burung Citra BC pandaan, berdiri 1 tahun yang lalu, kini berkembang pesat, selain menambah kas pendapatan Desa, juga berdampak peningkatan perekonomian warga setempat dan hal itu pun di amini oleh Mr. Echung disela lomba burung yang digelar kemarin sore.

Citra BC jadi gantangan ikonik di wilayah pandaan, Pasuruan.

“Citra BC berdiri 1 tahun yang lalu mas atas inisiatif teman-teman di Karang Taruna yang kebetulan juga banyak yang penghobi lomba burung berkicau, dulu awal-awal berdiri kita hanya 1 kali saja sebulan gelar lomba, alhamdulillah sekarang makin berkembang bahkan bisa menjadi rujukan Event-Event sekelas Cup dari berbagai komunitas”. Ujar Encung.

“Kita merubah sistem awal yang dirasa minim dari segi pemasukan kas desa, akhirnya kita beralih disistem sewa, dan alhamdulillah selain Citra BC sendiri sebagai gantangan awal kita berdiri, sekarang sudah ada 2 gantangan yang menyewa dan memanfaatkan gantangan ini untuk gelaran lomba burung berkicau antara lain Sakti BC dan yang terbaru Surya BC yang baru 2 mingguan boyongan kesini bahkan setaun ini sudah banyak Event sekelas Cup di gelar disini seperti Riaji Cup,  Road To KLI Cup dan KLP Cup 1 rencana akhir november juga bakal digelar AW Cup 2020 di gantangan ini mas, ” Lanjut Echung.

Peserta berbincang santai sambil ngopi menunggu giliran naik lomba.

Citra BC memang menjadi ikonik khususnya pecinta lomba burung berkicau, letak strategis dan nyaman serta pemandangan alam lereng gunung berapi menjadi nilai plus gantangan ini, tak heran pengelola desa pun selain fasilitas lomba burung, juga melengkapi fasilitas taman, gazebo dan lapangan bola serta taman bermain untuk anak-anak dan balita , maka tak heran banyak pecinta lomba burung berkicau rela membawa anak dan istrinya ke gantangan ini sambil lomba tentu sambil berekreasi bareng keluarga.

Potret Taman dan Gazebo serta lapangan bola yang juga jadi fasilitas di area gantangan ini, sebagai tempat wisata warga sekitar.

Selain beberapa nilai plus diatas, gantangan ini juga berdampak serius bagi peningkatan ekonomi warga sekitar, terutama bagi UKM yang membuka usaha disekitar area gantangan Citra BC.

“Ini aset desa, Kami berdiri sekitar bulan maret 1 tahun yang lalu mas, alhamdulillah sekarang berkembang pesat dan menhadi berkah buat semuanya uramanya desa dan UMKM disekitar gantangan ini apalagi dimusim pandemi ini. Semoga gantangan ini terus berkembang dan makin maju kedepannya. Kami akan terus berbenah dan pesan sata tetap patuhi protokoler kesehatan dengan selalu memakai masker dan cuci tangan selama lomba berlangsung disini. No masker no gantang.” Tutup Encung.

UMKM seperti Warung Juga menuai berkah dari ramainya lomba burung di Citra BC.

Pada gelaran Kamis sore yang bertajuk Latpres Kamis Esklusif Citra BC, gelaran tak hanya sukses, namun di hadiri banyak peserta dan lomba berlangsung menarik, tertib , kondusif dalam suasana kekeluargaan antar sesama kicau mania yang hadir dari 12 kelas yang dilombakan.

 

 

 

 

M. Ganda Gunawan Amd Kep. TTL: Bojonegoro 13 juli 1983. Alamat: Jl. Raya Beji No. 06 Rt. 04 Rw. 03 Beji Pasuruan. Agama: Islam.