CIBLEK “KINJENG DOM” SEMAKIN STABIL DAN SIAP TURUN DI BENZ WIRA CUP, Minggu 28 Januari 2018

37

 

CIBLEK “KINJENG DOM” SEMAKIN STABIL DAN SIAP TURUN DI BENZ WIRA CUP, Minggu 28 Januari 2018

Purworejo ( MediaRonggolawe.com ) – Ciblek merupakan jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pecinta kicauan burung, disamping perawakan kecil serta gerakannya yang lincah ciblek juga digemari kicau mania karena suaranya yang unik dan khas, terlebih lagi apabila kicauannya pada tempo yang tinggi dan dalam waktu lama atau sering disebut “ngebrem”. Terlepas dari semua itu, burung ciblek memang pantas dijadikan burung kicauan untuk setiap penghobi burung, mengingat burung dari keluarga Cisticolidae itu memang punya kicauan yang berkarakter ngotot dan dengan tempo rapat yang tidak dapat diremehkan.

Agung Anjara adalah salah satu dari sekian banyak kicau mania yang memilih burung Ciblek sebagai burung peliharaan sekaligus gacaonnya. Kicau mania yang berasal dari Kota Purworejo ini sudah lama memelihara burung Ciblek, bahkan berkat konsistensinya dalam memelihara burung yang mempunyai penampilan fisik yang terlihat lucu ini, tak sedikit burung-burung hasil tangan dinginya menjadi jawara di lomba-lomba Nasional.

Mr. Agung Anjara bersama “Kinjeng Dom”

Kinjeng Dom salah satu burung Ciblek yang ia pelihara dan menjadi gaco andalanya untuk saat ini, telah sering menghantarkan ia menjadi juara di beberapa event-event lomba burung. Kesetabilan “Kinjeng Dom” terbukti dibeberapa minggu belakangan ini dengan sukses mengantongi prestasi yang patut diacungi jempol, beberapa diantaranya adalah, Juara 2 di Piala Gudeg, Juara 2 dan 3 di Piala Adi Alv, Juara 1 dan 2 di Piala Dandim Cup Jogjakarta, Juara 2 di Anniversary SBC, dan minggu kemarin double winner di Latpres JBC.

Ditanya soal perawatan Kinjeng Dom ia menuturkan “Tidak ada yang istimewa soal perawatan Kinjeng Dom dan itu juga berlaku untuk beberapa burung lainya yang saya pelihara. Semua kuncinya ada pada ketekunan serta kesabaran saja. Burung itu mahluk hidup yang bila kita memeliharanya dengan hati, dengan rasa sayang nantinya ia akan memberikan keistimewaan dia, salah satunya kicauannya. Itu menurut pribadi saya” tuturnya sambil mainan kencit ( mainan anak-anak yang kalau ditekan berbunyi cit cit ) disela sela obrolan kami.

“Untuk Kingjen Dom tk sulit merawatnya kok” ujarnya.

  • Pagi Sekitar pukul 05.00 dikeluarkan diembun kan
  •  Setelah dirasa cukup kemudian dimandikan
  •  kemudian dikasih jangkrik 5 ekor dan dijemur selama kurang lebih 2 jam
  •  Setelah dijemur, di kerodong dan di gantung diteras agar terkena angin
  •  Siang di kasih jangkrik 5 dan sore juga 5 ekor
  •  Sore tidak mandi melainkan malam hari

Voer Halus Ronggolawe, Nyata Kwalitasnya

“Untuk urusan pakan harian saya memilih Voer halus Ronggolawe, karena secara bentuk lebih halus dari voer lainya dan juga jelas kandungan nutrisi serta vitaminya. Dan jangan lupa untuk kembali menutup rapat voer tersebut, supaya tidak basi serta simpan di tempat sejuk.

Nah untuk perawatan jika mau lomba :

  •  H-1 lomba full krodong
  •  Diberi tambahan kroto kalau tidak ada kroto saya pakai Bio Kroto dari Produk Ebod Jaya
  •  Sampai lapangan di kenciti pakai kencitan
  •  Kurang 3 sesi dikasih ulat hongkong
  •  dan untuk mengembalikan setamina biasanya saya beri Ebod Vit 1 minggu 3 kali.

Bio Kroto, Formula Pengganti Kroto Yang terbukti Ampuh

“Begitu perawatan burung saya”, namun tidak semua burung Ciblek harus dirawat seperti cara saya, karena burung berbeda beda, itu hanya tips dari saya” pungkasnya.

Harapan dia semoga burung Ciblek semakin ramai di event-event berskala kecil maupun besar. Dia juga mengajak untuk Komunitas Ciblek Purworejo khususnya dan daerah lain pada umunya, untuk ikut meramaikan gelaran Benz Wira Cup, pada hari Minggu, 28 Januari 2018 Pukul 10.00 wib – selesai di Stadion Wr. Sopratman Purworejo. Disamping untuk kembali meramaikan kelas Ciblek di Lomba berskala Nasional ini, juga untuk silaturahmi antar sesama Ciblek mania di awal tahun 2018 ini. (JohnAdhyPramudiant/25/01/18)