Cara Tradisional Atasi Kenari Rontok Bulu Versi Sansan Bintang Terang 031 Bandung

3845

[doptg id=”843″]

 

Salam Ronggolawers, ketemu lagi dengan saya masih dalam topik burung kenari kali ini saya akan membawa informasi dari penghobi yang pada Sabtu (14/3) kenari andalannya Cherry Bel meraih hattrick di latber Ronggolawe yang digelar di Skadik Hussen Sastranegara. Karena tips memilih kenari untuk kontes pernah saya bahas beberapa waktu lalu, begitu juga dengan tips mengatasi kenari mogok bunyi pernah saya bahas juga beberapa waktu lalu kali ini saya akan mencoba membagi tips perawatan kenari saat mabung atau rontok bulu agar cepat kembali kepada kondisi semuala, jadi rontoknya tidak kelamaan dan sudah bisa dibawa kelapangan kontes lagi.

Pada dasarnya setiap kenari akan mengalami siklus ini, tidak mungkin ada kenari yang sama sekali tidak pernah ganti bulu karena ini merupakan gejala alam. Sansan Bintang Terang 031 juga pernah mengalami hal serupa dimana hampir semua amunisi miliknya ambrol, mabung atau rontok bulu.

Pengalaman dari Sansan saya akan bagikan untuk kicau mania dan semoga bermanfaat. Berhasil orbitkan kenari yang sering jawara di lapangan kontes menuntut kita harus punya strategi dan pengetahuan yang luas mengenai kondisi dan karakter burung, begitu juga kita harus punya banyak cara dan antisipasi agar amunisi kesayangan kita selalu dalam kondisi yang prima dan siap gantang.

  1. Pertama-tama kenali dulu ciri-ciri kenari yang mabung, biasanya kenari yang mabung pertama adalah transisi pergantian bulu dari bulu hasul / kecil ke bulu dewasa. Bulu yang akan dikeluarkan pertama biasanya bagus dan akan menutupi tubuhnya, syarat ketika kenari mabung adalah menjada asupan vitamin kenari, EBOD VIT sangat berguna untuk memberikan asupan vitamin pada burung yang sedang mabung karena kandungan didalamnya sudah mencukupi untuk vitamin harian kenari. Ciri berikutnya pernah saya bahas sebelumnya juga, biasanya kenari yang mogong bunyi juga bisa menjadi ciri bahwa kenari kita dalam masa pergantian bulu.
  2. Setelah kita mengetahui ciri-ciri kenari mabung selanjutnya adalah kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kenari yang sedang mabung. Ada banyak yang bisa dilakukan saat kenari mabung dan ini juga tidak akan terlalu sulit untuk diikuti oleh kicau mania.
  3. Pertama-tama suhu tubuh kenari harus dijaga kestabilannya agar proses mabung cepat selesai, misalnya penghobi bisa terus-terus mengkrodongi burung kita dan juga jauhkan kenari kita dari keramaian agar ketenangannya bisa membuat kenari lebih focus dalam menyelesaikan tahap mabung.
  4. Berikutnya masa mabung akan membuang energy yang cukup banyak untuk kenari kita jadi sebaiknya kicau mania memberikan pakan kenari kita banyak dari porsinya. EBOD CANARY bisa kicau mania gunakan untuk pakan kenari kesayangan anda begitu juga asupan vitamin tetap harus dijaga, caranya kicau mania bisa mencampurkan vitamin harian burung EBOD VIT kedalam air minumnya. Selain pakan yang harus terpenuhi juga vitamin harian untuk menjada daya tahan tubuh kenari, Ronggolawers juga sebaiknya menambahkan sayuran atau buah-buahan segar untuk kenari kita.
  5. Kondisi kenari yang sedang rontok bulu sangat rentan dengan suhu yang dingin jadi Ronggolawers jangan mencoba memandikan kenari kita setiap hari itu akan memperburuk kondisi kenari, cukup tiga atau seminggu sekali saja dimandikan dan juga setiap pagi jangan lupa dijemur selama kurang lebih satu jam saja, jangan terlalu lama juga.
  6. Pada saat mabung biasanya kenari kita akan me-reset atau menghilangkan memori lagunya atau isiannya. Jadi kicau mania bisa mendengarkan isian baru untuk kenari kita.
  7. Ini cara yang sangat unik dan tradisional yang mungkin akan bisa dicoba oleh kicau mania mungkin juga tidak. Tergantung seberapa percaya kicau mania pada cara ini, cara pamungkas ini memang aga sedikit rancu tapi ini terbukti berhasil. Untuk mempercepat proses mabung agar kenari kita bisa langsung gantang lagi, pada kondisi mabung parah kicau mania bisa melakukan membersihan bulu halusnya dengan menggunakan tangan kita, dikerok hingga bersih dan hanya terlihat kulitnya saja. Dalam tips ini kita harus berhati-hati jangan sampai kenari kita merasa sakit hingga akhirnya memepengaruhi suhu tubuhnya.
  8. Setelah dikerik oleh tangan kita dan kulitnya terlihat, Ronggolawe bisa mencampurkan sirih kedalam air kemudian menyemprotkannya kepada kenari kita. Tips ini bukan hanya saya dapatkan dari satu penghobi dilapangan saja, tapi tips ini saya sudah konfirmasi terlebih dahulu kepada beberapa penghobi kenari mania di lapangan kontes khusunya Bandung. Sirih bisa kita dapatkan di pasar tradisional dengan mudah untuk takarannya harus pas, jangan terlalu banyak karena akan panas ke kulit kenari kita cukup dicampurkan sedikit saja.

Pada dasarnya kita akan pendapatkan kekhawatiran saat kenari kita mabung, tapi setelah beres mabung Ronggolawers akan bisa merasakan sensasi yang plong karena kenari yang beres mabung bisanya performanya akan semakin bagus dan akan semaikin siap untuk dibawa kelapangan, kuncinya selain ketelatenan, hati-hati dan harus pernuh perhatian Ronggolawers juga harus memberikan isian dalam proses mabungnya jadi pas beres mabung isiannya akan siap dan bisa langsung digantang lagi, begitu juga bisa langsung mencuri perhatian pengadil lapangan hiangga mendapatkan koncer A. (Wulan Susanti A/8)