Cara Pintar Budi Daya Cucak Hijau

275

Cucak hijau merupakan jenis burung dengan warna bulu yang membuat mata segar di lapangan kontes dengan bagian bawah paruh berwarna hitam. Habitat cucak hijau atau akrab disapa cucak ijo biasanya dihutan-hutan yang berada di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra dan Bali. Jenis burung ini biasa hidup berkelompok dan rata-rata menyukai pohon yang sangat tinggi untuk bertengger, jadi kenapa dilapangan kontes masih tidak seramai jenis burung lainnya karena cucak ijo merupakan salah satu jenis burung yang jarang berhasil untuk di breeding atau dibudidayakan. Jika penghobi mengetahui cucak hijau juga jenis burung dengan daya ingat yang rendah tapi uniknya burung ini juga bisa dipakai untuk memaster burung lain karena meski ingatannya renda tetap saja mampu menguasai suara jenis burung lainnya.

Karena budi daya cucak ijo masih sedikit sulit dan juga masih jarang penghobi yang minat untuk breeding cucak hijau selain kemungkinan untuk berhasilnya kurang untuk mendapatkan indukannya juga tidak mudah, tapi barangkali ada yang mulai berminat untuk membreeding jenis burung cucak ijo maka saya akan coba membagikannya untuk anda cara budi daya cucak ijo yang efektif dan pintar untuk diaplikasikan.

1. Lokasi Budi Daya Cucak Hijau Yang Ideal

  • Loaksi untuk budi daya cucak hijau harus terhindar dari binatang pemangsa seperti anjing, tikus, kucing dan lainnya. Kenapa harus dihindarkan karena cucak hijau jika berhadapan dengan jenis binatang pemangsa bisa cepat stress dan ketakutan.
  • Lokasi budi daya harus jauh dari suara-suara bising seperti suara mesin diesel atau mesin pabrik.
  • Lokasi budi daya harus terbebas dari polusi.
  • Lokasi budi daya cucak hijau harus berada di ruangan terpisah dengan jenis burung lainnya.
  • Lokasi budi daya cucak hijau sebaiknya langsung terkena sinar matahari di pagi hari.

2. Model Kandang Yang Cocok Untuk Budi Daya Cucak Hijau

  • Jika lokasi sudah ditentukan makal selanjutnya adalah menetukan jenis kandang yang cocok untuk cucak ijo. Yang cocok bisa menggunakan sangkar kotak yang digantung, sangkar bulat yang ukurannya sedikit luas.
  • Untuk lahan budi daya cucak ijo tidak diperlukan lahan yang luas sangkar kota dan bulat produk EBOD JAYA bisa digunakan juga.
  • Jika akan menggunakan kandang yang luas dengan jenis penangkaran murai maka sebaiknya atap kandang harus anti bocor karena cucak hijau tidak tahan dingin, selain harus terhindar dari air hujan samping kandang harus kokoh dan anti angin.

3. Dahan Kayu Untuk Mendukung Kesuksesan Breeding

  • Seperti yang saya bilang diawal cucak ijo merupakan burung yang senang bertengger jadi sediakan daham kayu untuk sarana bertengger di dalam kandang.

4. Sediakan bok sarang untuk proses perkawinan di dalam sangkar yang ukurannya cukup sedang dan diaksih                   bolong yang sedang saja.
5. Untuk wadah pakan diusahakan dari plastic, wadah pakan EBOD JAYA merupakan wadah pakan plastic yang                 aman untuk burung kesayangan anda.
6. Gunakan pakan sayuran dan buah-buahan untuk proses perkawinan cucak ijo jika anda sibuk mencari maka                 yang paling praktis adalah menggunakan EBOD VIT yang dicampur dua tetes kedalam air minumnya dan                       dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.
7. Untuk selanjutnya saat diternak jangan lupa diberi extra fooding seperti jangkrik dan kroto untuk mempercepat               proses perkawinan saat cucak ijo akan disatukan.

Diatas merupakan tahap awal dan simple beternak cucak ijo, sebenarnya cukup miudah jika kita tahu celahnya dan cara melakukannya yang sulit adalah memulainnya jadi coba mulai dari sekarang setelah kita dapat hasilnya maka dijamin ketagihan. (Wulan susanti A/14 apr)

Bagi kicau mania yang ingin membagi ilmunya lewat Media Ronggolawe bisa langsung kirim materinya lewat:
Email : [email protected]
Line : Wulan_nissa
WA :087805733603
FB : Wulan Anissa
Dan bagi seluruh kicau mania yang mau mengikuti kegiatan Wulan bisa langsung Follow akun IG @wulan_nissa

Daftar Pustaka
Shodik, Gacor. Buku Pintar Budi Daya & Pemasteran Cucak Hijau dan Cucak Jenggot. Flashbook. 2014. Jakarta, Selatan.