Cara Mudah Atasi Lovebird Nakal Turun Tangkringan

7134

 

MediaRonggolawe – Setiap EO memiliki peraturan yang berbeda-beda. Begitu pula mengenai Lovebird yang turun dari tangkringan menuju dasar sangkar saat digantang. Tentunya menjadi ketakutan tersendiri buat beberapa kicaumania yang gemar kontes, ketika gacoan sedang tampil bagus tiba-tiba turun ke dasar sangkar sedangkan di kontes tersebut berlaku pemotongan nilai jika ada lovebird yang turun ke dasar sangkar.

“Setiap burung mempunyai karakter yang berbeda. Begitupun juga dengan Lovebird yang akan ngekek panjang kalau dirinya merasa nyaman. Kita harus bisa menyiasati untuk mempelajari karakter Lovebird tersebut,” ungkap Ade Sulistio dari KKLB Bandung.

Pria berkacamata kelahiran 31 Desember ini menambahkan, Apa yang menjadi penyebab Lovebird turun ke bawah? Lovebird turun ke dasar ada 2 penyebab. Pertama birahi yang naik sehingga burung menjadi nakal. Terlebih jika ada lovebird di sebelah-sebelahnya yang hiper aktif, tentunya akan menjadi pemicu. Penanganannya adalah kurangi durasi penjemuran, mandi malam dan pakannya millet putih saja.

Kedua adalah pembawaan karakter Lovebird tersebut dari lahir. Memang ada beberapa lovebird yang karakternya lebih aktif dan energik bila dibanding dengan Lovebird lainnya. Penanganannya bisa dengan mencoba beberapa cara. Salah satunya adalah:

  1. Sewaktu mau naik gantang diberi karpet. Kemudian karpetnya dibasahi dengan air, cukup semprotkan perlahan-lahan dengan spray sebelum naik ke atas gantangan sehingga lovebird tidak berani turun.
  2. Masih dengan Metode karpet tetapi tidak dibasahi dengan air. Namun di beri DOUBLE TAPE yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Cukup dipasang saat mau digantang saja. Hati-hati ada resiko lovebird kena lem.
  3. Biasanya Lovebird takut dingin. Sehingga dasar kandangnya diberikan Es Batu, sehingga ketika turun, dan kakinya menyentuh es batu maka burung tersebut akan takut dan lari ke atas untuk menaiki tangkringan,
  4. Berikan ranjau. Ranjau ini dapat berupa kombinasi karet gelang dengan potongan sedotan plastik yang dipasang memenuhi dasar sangkar sehingga menyerupai duri-duri atau dengan bola plastik yang berwarna warni. Dikarenakan ada beberapa Lovebird justru ketakutan dengan ranjau yang kita pasang. Sebaiknya sudah diuji coba dulu di rumah atau sebelumnya bisa latihan dahulu di latberan sebelum menghadapi situasi lomba yang sebenarnya.

Saat Disinggung bagaimana cara mengatasi Lobird yang ngekek panjang tetapi sambil naik jeruji ke atas sangkar? Dengan lugas Ade Sulistiyo menambahkan, “ Pakai Lakban Perekat Bening,”. Lakban yang dipasang di atas sangkar akan menyebabkan burung tidak mau mendekati dan berani naik lagi ke atas. Jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan burung dengan menjaga kesehatan dan memberikan vitamin untuk menjaga staminanya sebelum lomba, kata Ade Sulistiyo menutup pembicaraannya.

Kandungan Probiotik LACTOBACILLUS menghasilkan enzim selulase  untuk memecah komponen serat kasar dari makanan burung dalam saluran pencernaan. Hancurnya serat makanan akan melancarkan pencernaan sehingga membantu penyerapan usus terhadap kebutuhan nutrisi burung dengan baik. Kotornya sistem pencernaan akan membuat kondisi tubuh burung tidak sehat dan menurunkan kualitas suara kicauannya saat tampil di lapangan. EBOD SOLUTION ini merupakan formula 4 in 1 cocok bagi kicau mania. Dicampurkan pada minuman burung 80ml–100ml antara 2 sampai 3 tetes untuk perawatan dan pencegahan. 5 sampai 8 tetes untuk pengobatan.

Sahabat Ronggolawers. Jangan lupa Subscribe Youtube : RONGGOLAWETV Channel. Semua liputan terangkum dalam bentuk audio visual lebih nyata dan lebih dekat. Atau Ingin dibuatkan video dokumentasi breeding, burung jagoan atau profil Bird Club bisa menghubungi Brandy di SMS/WHATSAPP 085717969666 atau Facebook: Om Ronggo /Brandy/12/Mar2016