Cara Mengatasi Masalah Paruh Gajah Pada Burung Love Bird

3248

 

Mungkin dari sebagian kita sudah banyak tahu apa yang di maksud dengan istilah Paruh Gajah. Istilah Paruh Gajah yang dialami burung Love bird tentu bukan khasus baru yang dialami. Paruh Gajah adalah perubahan bentuk paruh burung Love bird yang tumbuh dengan tidak Normal. Ciri ciri nya adalah bentuk paruh bagian atas cenderung lebih besar dan panjang hingga melewati batas paruh bagian bawah.

Banyak yang berpendapat bahwa kasus ini terjadi dikarenakan asupan Nutrisi terlalu tinggi hingga berpengaruh pada pertubuhan terlalu cepat. Dan biasanya Love bird yang mengalami hal ini adalah Love bird hasil Jujuhan sendiri bukan dari pemberian makan oleh induknya. Tentu saja jika sudah terjadi seperti ini akan mustahil untuk di hilangkan.

Kalau sudah terlanjur bertumbuh besar dan panjang, Banyak cara pintasĀ  yang di lakukan seseorang untuk menghilangkan bentuk tersebut. Seperti dengan alat potong kuku kita bisa merapikan bentuk Paruh Gajah, Namun cara tersebut juga berdampak fatal jika kita mengetahui akibat dan sebabnya jika kita lakukan sembarangan.

Paruh burung juga memiliki urat urat yang kasat mata, Jika kita memotong tanpa hati hati paruh bisa berdarah.Kita bisa melakuan hal tersebut di siang hari dengan meneropong ke cahaya matahari, Maka akan terlihat urat urat di dalam paruh tersebut.

Namun kita akan bemberi Trik sederhana cara mengatasi Paruh Gajah :

  • Pertama sediakan Tangkringan yang terbuat dari Kasa kasar / kertas gosok. Dapat kita cari di toko burung terdekat. Hal ini bertujuan ketika burung mengasah paruh maka dengan sendirinya paruh tersebut sedikit demi sedikit ikut terbentuk rapi dengan sendirinya.
  • Sediakan balok kayu kecil, Yang bertujuan untuk asinan burung tersebut, Dan biasanya burung love bird sangat suka mengigit balok balok tersebut, Bisa jadi paruh yang sudah cukup tua akan melepas sendiri / patah dengan sendirinya.

Dampak dan kerugian dari masalah Paruh Gajah yang di alamai burung love bird tentu saja sangat berpengaruh dari segi keindahan maupun bunyi. Tentu saja Love bird kita tidak akan enjoy membawakan lagu kekean. Dan harga jual pun akan menurun karena masalah tersebut.

Semoga artikel diatas dapat membantu permasalahan ini. Selamat mencoba dan terus ikuti trik selanjutnya hanya ada di mediaronggolawe.id

Salam kicau mania. (kk/02) Okt2016