Cara Mengatasi Kacer Mbagong Pakai Ebod Vit

Produk Ebod Jaya
Produk Ebod Jaya
Produk Ebod Jaya

Bogor, ronggolawe.com – Burung kacer adalah salah satu burung idola kicaumania selain murai batu yang sering mengikuti festival lomba burung berkicau di Indonesian. Selain warna hitam putih, kacer juga memiliki suara indah dengan gaya yang sangat mencolok saat bertanding diarena lomba. Namun, Burung kacer memiliki tantangan tersendiri dalam perawatan untuk lomba.

Namun, Tantang dan problem bagi kacermania saat merawat burung pemakan serangga ini adalah sering Mbagong, mbedesi atau kuda laut, diantara istilah yang sering disematkan pada burung kacer. Secara kasat mata, ciri-ciri kacer mbagong paling mudah dikenali. Apabila seekor kacer mulai menunjukkan ciri-ciri kepala ditekuk dan memekarkan bulu sekitar dada, maka burung ini sedang mbagong dan harus segera ditangani secara tepat, benar serta optimal.

Sedangkan tantang lainnya adalah kacer sering mabung tidak tuntas sehingga pertumbuhan bulu baru lambat tidak bisa mendesak bulu lama. Burung perlu energi tinggi untuk mabung, tetapi bukan dalam bentuk karbohidrat. Penambahan pakan masa mabung yang hanya berupa karbohidrat bisa membuat burung gemuk tetapi bulu tidak juga tumbuh. Untuk masa pertumbuhan bulu ini diperlukan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Sumber mentionin dan sistin bisa diperoleh pada Ebod Vit yang memiliki multivitamin untuk burung ocehan.

Kacer mudah mabung/rotok dan penyebabnya antara lain (1) Makanan mengandung lemak dan/atau kalori tinggi sehingga membuka pori-pori kulit; (2) Bulu belum kuat sudah banyak diadu/ditrek; (3) Selama masa mabung tidak mendapat asupan nutrisi yang baik, terutama mineral. Untuk masalah asupan mineral, bisa gunakan E-Bodre selama masa mabung, pasca mabung atau ketika mulai terlihat tanda rontok padahal baru saja tuntas mabung. Kacer juga sering nyekukruk tidak semangat, biasanya dikarenakan cacingan bisa diatasi dengan Ebod Vit.

Kacer juga sering tidak mau nagen atau nampil di lomba dan penyebabnya adalah karena gangguan parasit, terutama air sac mite, yakni tungau kantung udara yang kasat mata. Burung sepertinya tidak kutuan, tetapi sesungguhnya membawa tungau di kantung udaranya. Hal ini menyebabkan burung selalu gelisah dan tidak bisa nampil maksimal di arena lomba. Bisa diatasi dengan penyemnprotan Shampo Jati Jajar pembasmi kutu dan bikin bulu mengkilap.

Kalau kacer saat lomba sering turun tangkringan dan gelisah biasanya disebabkan burung masih terlalu muda dan bisa juga burung tidak fit. Pastikan rawatan harian yang bagus dan bisa gunakan produk rawatan harian Ebod Vit dengan dosis dan cara pemakaianya adalah 5 hingga 10 tetes untuk 50 cc air minum cup dan jangan lupa kocok terlebih dahulu sebelum digunakan serta simpa ditempat yang sejuk setelah pemakaian. Jika untuk lomba kacermania bisa menggunakan EB-ODJOSS agar burung menjadi gacor dan meningkatkan stamina serta nafas menjadi panjang tenaga menjadi joss.

Ebod Vit adalah multivitamin burung ocehan produk Ebod Jaya yang bisa untuk memenuhi kebutuhan vitamin burung kesayangan anda. Ebod Vit mampu mengatasi dan mencegah stress pada burung, merangsang burung berkicau, memenuhi kebutuhan vitamin dan juga menjaga keseimbangan tubuh, menjaga stamina burung dan meningkatkan nafsu makan. Vitamin ini baik digunakan untuk menjaga kesehatan burung, membantu penyembuhan burung-burung yang kondisinya kurang fit atau burung yang sedang sakit.
KOMPOSISI :
Tiap 30 ml mengandung:
1. VIT A 60.000 IU
2. VIT D3 12.000 IU
3. VIT B1 15 mg
4. VIT B2 20 mg
5. VIT B6 15 mg
6. VIT B12 80 mg
7. VIT C 250 mg
8. Ca – d – Pantothenate 50 mg
9. Nicotinic Acid 150 mg
10. Folic Acid 10 mg
11. Electrolyte

Cara pakai Ebod Vit :
Kocok dahulu sebelum digunakan lalu teteskan 5-10 tetes ke dalam 50 cc air minum,
berikan setelah burung dijemur dengan maksud supaya kandungan vitamin yang terkandung
di dalam Ebod Vit tidak berkurang atau rusak khasiatnya akibat terkena sinar matahari
langsung, pemberian multivitamin ini bisa dilakukan setiap hari berturut-turut.

Catatan :
Simpan kemasan di tempat yang sejuk dan harus terhindar dari sinar matahari langsung. (Ahmadi 4-22/1/2016) 081286979106