Cara Menanggulangi Obesitas Pada Lovebird

289

[doptg id=”3253″]

 

Obesitas. Sobat Ronggolawers pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata obesitas dan artinya, tentu anda akan mengernyitkan dahi atau bergidik ngeri ketika mendengar kata obesitas. Obesitas ternyata tidak hanya dialami atau terjadi pada manusia saja, hewan pun juga akan mengalami hal ini termasuk burung ocehan kesayangan kita pasti akan mengalami obesitas apabila kita salah dalam pola perawatan dan over dalam memberikan makanannya.

Mungkin, selama ini sobat Ronggolawers hanya memperhatikan over birahinya saja ketika terlalu berlebihan sewaktu memberi  pakan. Over birahi sewaktu memberi pakan, bagi sebagian Kicaumania dan sobat Ronggolawers sudah menjadi hal yang wajar dan dalam waktu singkat dapat diatasi. Tetapi beda kasus apa bila burung kesayangan kita kegemukan atau obesitas akibat dari porsi pakan yang kita berikan melebihi batas kewajaran. Maka butuh waktu panjang untuk menormalkan bobotnya lagi.

Katakan saja burung lovebird atau LB, salah satu burung primadona Sobat Ronggolawers dan kicaumania nusantara saat ini. Burung berparuh bengkok dengan warna bulu yang indah serta suara memiliki suara kekekan yang khas. Dengan keistimewaannya yang banyak orang memelihara burung cinta ini, baik sebagai burung rumahan bahkan sebagai burung kontes dan besar harapan para kicaumania agar lovebird kesayangannya bisa menjadi juara diarena kontes. Mungkin, kalau hanya dijadikan burung piaraan rumahan kita tidak perlu memperhatikan pola makannya, berbeda dengan lovebird yang dijadikan burung gacoan di arena kontes, kita harus selalu konsisten memperhatikan pola makan serta perwatannya pula.

Bicara mengenai pola makan, kita sebagai kicaumania dan lovebird lovers tentunya harus bijak dalam menerapkan pola pakan lovebird. Karena, pola pakan yang berlebihan membuat lovebird mengalami obesitas, jika sudah demikian hasilnya lovebird akan malas mengeluarkan sudara kekekan khasnya. Pertanyaanya. Bagaimana cara mengatasi masalah obesitas yang terjadi pada lovebird ?

Sobat Ronggolawers. Berikit ini adalah langkah-langkah yang harus kita tempuh utuk mengatasi lovebird yang mengalami obesitas.

  •  Tambah durasi penjemuran.

Penjemuran untuk semua jenis burung sagatlah diperlukan, sebab banyak sekali manfaat yang diperloleh dari penjemuran. Apa lagi untuk burung yang mengalami obesitas, maka penjemuran bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Dan tentunya, penjemuran untuk burung yang sedang mengalami obesitas durasinya berbeda dengan burung yang kondisinya normal. Artinya, waktu atau durasi penjemuran bisa ditambah.

  • Atur pola makan lovebird.

Mengatur pola makan lovebird menjadi salah satu alternativ untuk mengatasi obesitas yang dialami lovebird, dengan cara ini maka lovebid tidak akan mengkonsumsi makanan dengan kandungan kadar lemak serta karbohidrat secara berlebihan yang dapat mengakibatkan kegemukan. Untuk itu berikan makanan dengan porsi yang cukup untuk lovebird kesayangan sobat Ronggolawers dan Lovebird lovers nusantara, selain itu jam pemberian makan juga harus teratur pula.

  • Pemberian extrafooding yang tepat.

Berikan extrafooding yang tepat dan sesuai dengan kebutuhab lovebird, tujuannya agar si burung tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi extrafooding. Pemberian porsi extrafooding tentunya juga harus diatur agar sesuai dengan porsi pakan utamanya. Tujuaanya, agar antara pakan utama dan pakan tambahan atau extrafooding berimbang sehingga mengurangi resiko obesitas.

Sobat Ronggolawers dan Lovebird Lovers nusantara, dimikianlahartikel tentang Cara Menaggulangi Obesitas Pada Lovebird. Semoga artikel kami di atas bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba. Salam Ronggolawers. Salam Lovebird Lovers. Bravo Kicaumania Nusantara.!!!

Berbagaisumber.
DennySby.12 Des 15