Kategori: Profil

Brebes Kacer Community – Kacer Selalu di Hati

Mediaronggolawe.id – Beberapa tahun yang lalu, burung kacer sempat booming. Namun dua tahun terakhir, penggemar kacer sempat merosot jumlahnya. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain jika digantang kacer sering mbagong, itulah yang menjadikan kacer mania jenuh/ kapok. Sehingga pemilik kacer malas untuk membawa kacer jagoannya ke lapangan. padahal burung ini paling menarik jika ditarungkan, kemampuan menari-nari di lapangan sambil berkicau sangatlah memukau.

Walaupun semakin berkurang peminat kacer, tidak demikian halnya dengan kelompok yang dimotori oleh Rama Adji dari Brebes. Kelompok penggemar kacer yang menamakan dirinya dengan Brebes Kacer Community ini sejak 2016 sampai sekarang masih tetap eksis dengan burung kacer. Kacer selalu di hati, demikian kata Rama Adji.

Brebes Kacer Community terbentuk ketika Piala Bupati Brebes 2016 digelar. Berawal dari even itu, Rama Adji, Reza (gabel), Hengki, Levi, Idi, dan Alvin membentuk komunitas kacer. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya penggemar kacer, komunitas yang tadinya beranggotakan 6 orang, bertambah menjadi 15 orang. Komunitas ini lah yang sampai sekarang selalu menggiatkan para anggotanya untuk selalu meramaikan lapangan burung di Brebes dan sekitarnya.

Beberapa even pernah diikuti oleh komunitas ini, misalnya Piala Canting Pekalongan, Piala Dandim Pemalang, dan latpres-latpres di wilayah Brebes dan Tegal. Even terakhir yang diikuti digelaran  Anniversary 1st Arjuna BC, kacer “Jendral” meraih juara 1 di Kelas Ebod Strong. Jarangnya mengikuti even luar kota, dikarenakan para anggota komunitas rata-rata bekerja sebagai wiraswasta. Latpres/ lomba di sekitar saja yang diikuti.

Melihat perkembangan kacer yang sekarang ini (kurang) penggemarnya, Wa Kono sebagai sesepuh BKM, Sosok yang kalem, selalu memberi semangat kepada para anggota BKM untuk tetap merawat kacer jagoannya. Dia berkeyakinan bahwa suatu saat nanti, kacer bakal booming lagi.

Upaya untuk menjadikan kacer sebagai burung yang diidolakan lagi, Wa Kono yang sekaligus pengelola lapangan New Brebes Bird Club, selalu mengadakan bonus khusus untuk kelas kacer. Salah satunya adalah dengan mengadakan lossgan, dan terbukti sebulan terakhir, kelas kacer mulai dipenuhi oleh peserta.  Terus SEMANGAT KBC dan Wa Kono (Yus-tegal)

Bagikan
Diterbitkan oleh

Artikel Terbaru

  • Berita Lomba
  • Profil

H Sabran Kembali Turun Gunung, Dengan Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran P2BG CUP 1 Gresik.

Kicaumania kawakan dari Gresik H Sabran kembali turun gunung, setelah beberapa waktu absen dari dunia…

10 jam yang lalu
  • Berita Lomba
  • Hasil Lomba

DAFTAR JUARA ROAD TO SHOW TUBAN AWARD CHAMPIONS 2, MINGGU 13 JUNI 2021.

Gantangan FNR Tuban sukses menggelar Road Show Tuban Award Champions 2 pada Minggu (13/6/21). Dalam…

3 hari yang lalu
  • Berita Lomba

Main 2 Minggu, Sukses 2 Kali Hattrick, Cendet MASTER Milik Syahril Polda

Burung yang satu ini, namanya memang sudah sangat dikenal oleh para cendet mania, hampir setiap…

7 hari yang lalu
  • Berita Lomba

Sangkar “MAWAR” Masih Stabil Mengharumkan H. Mahfud & Crazy Kenari.

Turun di laga akbar, P2BG Cup 1 Gresik, dengan membawa gacoan andalan SUGENG DALU pasukan…

2 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

P2BG Cup 1 2021, Gantangan Pasar Burung Giri Gresik. Sukses Di Padati Kicau Mania Dan Lovebird Mania Jawa Timur, Minggu 6 Juni 2021.

Burung-burung mulai dari legendaris dan pedatang baru dengan kualitas ampuh pun juga turut hadiri gelaran,…

2 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

Anniversary 1st SMM, Aba Chamto jadi juara sejati gondol Mobil Brio + Data juara. Minggu, 06 Juni 2021.

Pagelaran lomba burung berkicau terakbar khusus Murai Batu yang bertajuk Anniversary 1st SMM ( Seduluran…

2 minggu yang lalu