Berawal Main Burung Sampai Sukses Jadi Peternak

574

Jepara, Aris adalah sosok anak muda yang mampu lihat peluang dalam dunia bisnis burung. Pertama kali main burung di awal tahun 2012, kini mas Aris menjadi salah satu peternak Murai Batu yang terkenal mempunyai anakan-anakan Murai Batu berkualitas. Setelah satu tahun mampu hasilkan juara perlombaan di tingkat bawah sampai nasional pun sudah dia dapatkan. Bahkan Piala Raja pun sudah pernah dicicipinya menjadikan kebanggaan tersendiri bagi setiap kicaumania.

Proses Penjodohan Murai Batu Trah Memang Susah, Itu Kenapa Harga Murai Batu ber-Trah Bagus Harganya Selangit

Meksi sekarang masih menempuh perkuliaahan, namun dengan penjadwalan yang tepat mampu mengatur waktu dalam berkuliah dan berbisnis. Sekarang ada 15 pasang jumlah ternakan Murai Batu, berdasarkan minimal juara ditingkat regional yang masuk dalam kandang ternaknya. Burung jawara nasional pun yang macet  pun dia beli cuma hanya ingin dapatkan trah dari burung tersebut. Burung tersebut adalah ” Thor ” yang sudah tak asing lagi di telinga Murai Mania blok selatan.

Thor Jadi Salah Satu Indukan Kualitas dari Ring Aris MBRA BF

Hanya melihat katuranggan dari burung tersebut, dan saat kerja dilapangan. Burung yang saat ini macet, bahkan susah untuk di buat lapangan, rela dibeli dengan harga selangit demi dapatkan trah dari Batu Kramat, murai batu papan atas nasional. Bahkan anakan trotolnya bisa mencapai 5-7 juta per ekor untuk trah murai batu tersebut. Untuk perawatan anakan burung Murai Batu dari mas Aris dibantu adiknya di rumah dalam pelolohan hingga perawatan harian. Dengan Ring Aris MBRA BF dan Ring APBN harga anakanya cenderung stabil bahkan naik. Selaku ketua APBN Korwil Jepara mas Aris selalu menjaga kualitas anakan Murai Batunya.

Lolohan Anakan Murai Batu dilakukan Sendiri dan dibantu Adiknya

Untuk pakan lolohan sang bayi, Mas Aris percayakan pakan anaknua dengan “Trotol” produk dari Ebod Jaya yang mengandung Protein, Vitamin, Kalsium, Mineral, Zat Besi, Zinc, Omega 3, dan Omega 6 yang dibutuhkan dalam proses perkembangan anakan Murai Batunya. Serta pemasteran dari mulai di loloh hingga siap kirim ke para pembeli yang sudah pesan. Jumlah yang saat ini berjumlah 18 ekor pun sudah dalam pesanan sang pembeli. Jika ingin membeli juga harus menunggu antri dengan pembeli yang lain. Karena kualitas anakan dari Om Aris Jepara sudah tidak diragukan lagi.

Anakan Murai Batu Siap Kirim pada Pembeli

Kualitas anaknya sudah dikirim banyak yang sudah moncer, salah satu yang sudah tak asing lagi di kota-kota pembelinya adalah, JH, Ludiro, Tigor, Pacol, Laser dan masih banyak yang lainnya. Salah satu anakan mas Aris adalah Granat, dengan kualitas anaknya sendiri pun di mencoba mengorbitkan salah satu gacoannya. Granat yang sudah pernah ditawar dengan harga 40 juta, selalu gagal dalam pantau lapangan karena kesibukan dua belah pihak.

Granat Anakan Sendiri yang Gagal Pantau Lapangan Karena Kondisi Sekarang Mabung

Amunisi yang tak kalah kualitasnya adalah The Bha yang berganti nama dari Banaspati. Dengan power kuat, serta variasi lagu yang mewah, ditambah nagen macul-macul buat The Bha mampu bersaing dengan gacoan-gacoan Murai Batu di tingkat nasional. Plaza Cup, Tri Star jadi salah satu prestasi terbaik The Bha. Puncaknya saat menyambangi event kolosal Piala Raja, mas Aris pun tak menyangka jika The Bha berhasil masuk 5 besar berkat penampilannya di event tersebut. Karena di sesi pertama pun sudah kerja maksimal namun gagal masuk podium dan kerja yang kedua diganjar masuk 5 besar.

 

Kualitas Induk dari Ring Aris MBRA BF Tak Diragukan Lagi

Untuk pengondisian burung yang akan di jodohkan supaya dapat kawin ngisi, mas Aris gunakan Ebod Breeding, guna memperbaiki kualitas telur indukan, meningkatkan kesuburan, hingga merangsang produktifitas telur indukan, agar anakannya pun berkualitas dan sehat-sehat. Ebod Breeding digunakan pada Jantan dan Betina sebelum proses penjodohan. Dan selama proses penjodohan masih diberikan. mas Aris mulai mengurangi Ebod Breeding saat betina sudah mulai eram telur dan meloloh anakanya. Alhasil baru ambil anakan, 2 minggu berikutnya sudah bisa dipanen lagi.

Pengondisian Sebelum Masuk Kandang Ternak Mas Aris selalu gunakan Ebod Breeding

Jika ingin membeli anakan trah dari MBRA BF Jepara bisa kontak di Jl Raya Jepara Bugel KM.05 Petekeyan Rt.01/01 Kec. Tahunan, Kab. Jepara ( 082137446446 )