BERAWAL DARI PENGISI WAKTU SENGGANG, BERBUAH TIDAK MENGECEWAKAN

161

“ Tidak semua keisengan  dapat menimbulkan hal yang negatif, bahkan banyak juga menimbulkan hal positif, seperti yang telah di alami oleh Mr. Suroto, yang saat ini malah banyak menerima orderan dari Kicau Mania Semarang dan sekitarnya “.

Baru 2 tahun lamanya Mr. Suroto mengenal dunia breeding, dan itu saja hanya buat sambilan belaka, di waktu luangnya mengurus bisnisnya, di bidang bahan bakar pabrik. Disinilah bertemu dengan orang-orang baru, yang kebetulan banyak teman-teman bisnisnya, yang menekuni dunia perburungan.

Iseng-iseng Mr. Suroto kemudian mencoba menimbang jenis burung apa yang harus beliau pelihara, mengingat dari harga jual serta keinginan dan gengsi Kicau Mania, akhirnya Mr. Surotopun memilih burung jenis Murai Batu, yang menjadi pilihannya.

Bapak berusia 47 tahun ini, kemudian membeli indukan jantan dari lapangan, beserta betinanya dari temen bisnisnya, dengan sistem cabut pasang, dalam tempo waktu 2 tahun, tangan dinginnya telah mampu memecahkan telor sebanyak kurang lebih 20 ekor anakan,dari 3 pejantan dan 8 betina untuk.

Dengan menyiapkan 3 ring SAS ( Surya Aji Santosa ) warna, biru, ungu dan orange, untuk membedakan dari trah indukan, karena setiap pejantan indukan memiliki kualitas performa diatas gantangan yang berbeda beda.  Seperti yang telah di jelaskan oleh Mr. Suroto, saat ini Mr. Suroto memiliki gaco Murai Batu dari trah dari hasil breedingnya, yang bernama Enggar Ring Biru, dan Sunan Ring Unggu.

Performa Enggar lebih terfokus  pada  tembakan-tembakan bermaterikan Cililin,Ciblek, Cucak Jenggot, Kenari. Sedangkan Sunan lebih terfokus rool burung-burung kecil isian, disambung tembakan Burung Gereja, Love Bird, dan Jalak.

Berniat untuk turut serta dalam keanggotaan APBN (Asosiasi Penangkar Burung Nasional ) yang di gerakkan oleh para sesepuh perburungan nusantara, terutama Ronggolawe. Mr. Suroto  ingin mengembangkan hasil keisengannya ini, agar lebih dapat berkembang, bersama para penangkar di seluruh Nusantara, karena beliau juga menggunakan produk-produk yang di produksi oleh Ebod Jaya, dan hasil breedingnyapun tidak mengecewakannya.