Belajar Merawat Burung Colibri Ninja

2407

[doptg id=”814″]

Tips dan Trik Cara Merawat Burung Kolibri Ninja

Burung kolibri ninja atau burung madu bakau adalah jenis burung bakau yang sangat populer dan sangat digemari para kicau mania nusantara. Meski berpostur mungil burung kolibri mampu mengeluarkan suara yang merdu dengan lagu besetan memang cocok untuk dijadikan burung pemaster segala burung. Kolibri dengan ciri berbulu hitam mengkilap dengan corak hijau di kepala sejatinya sangat sulit untuk di pelihara. Karena kebiasaan kolibri hidup di alam bebas mencari Nektar untuk dihisap sari-sari bunga dan kebiasaan memakan serangga kecil cukup susah untuyk dirawat.

Hingga banyak para kicau mania mengalami kematian saat merawat burung mungil ini. Banyak yang harus diperhatikan dari sifat alami burung kolibri agar terbiasa hidup di sangkar seperti kebiasaan mereka di alam bebas yang gemar menghisap sari bunga bisa diganti dengan cairan gula, dan kebiasaan memakan serangga kecil juga bisa diganti dengan Kroto segar.

Namun harus diketaui bahwa burung kolibri merupakan satwa alam yang dilindungi,bukan karena spesies burung yang hampir punah, Namun ada sebab lain yang menurut para ilmuan alam mengatakan bahwa segala jenis burung madu indonesia yang berekosistem di hutan maupun taman lindung pemerintah sangat berperan dalam penyerbukan hutan, Tanpa kehadiran mereka keseimbangan ekosistem hutan akan terganggu, Hingga pemerintah mengeluarkan (PP) Peraturan Pemerintah nomer 7 tahun 1999

Jika memang kita bertujuan untuk melestarikan burung mungil ini setidaknya kita wajib mengerti dasar karakter burung kolibri ninja agar tidak muda mati. Melihat kebiasaan makannya di alam bebas yang tergantung pada Nektar dan serangga kecil menjadikan perawatanya sangat sulit dilakukan. Namun juga banyak yang sudah berhasil merawat burung kolibri ninja. Hingga para peneliti dari manca negara pun heran dengan tingkah laku kicau mania nusantara yang berhasil merawat burung mungil ini dalam sangkar.

Berikut Tips Harian Merawat Burung kolibri Ninja

  • Pagi Pukul 06.30 burung diangin-anginkan selama 30 menit
  • Setelah diangin-angikan burung bisa dimandikan, Dengan cara mandi cepuk maupun mandi semprot, Metode mandi lebih lengkap jika dicampurkan Shampo Jati Jajar yang berfungsi untuk menghilangkan kutu yang menempel pada bulu selain itu Shampo Jati Jajar dapat menghaluskan bulu pada burung
  • Setelah mandi burung bisa dijemur antara pukul 08.00 sampai pukul 09.00
  • Beri kroto bersih dan segar
  • Biasakan 3 hari sekali diberi ulat kandang
  • Sebisanya setiap hari air minum diganti dengan yang baru dan jangan lupa air minum wajib dicampur dengan gula
  • Setelah dijemur burung ditaruh di tempat sejuk
  • Menjelang sore burung bisa di kerodong hingga pagi
  • Sediakan madu asli untuk penyeimbang jika burung tersebut tidak mau minum air gula

Kunci utama merawat burung bakau madu terletak pada pola makanan yang wajib Seperti serangga kecil bisa disamakan dengan Rayap, Ulat, dan serangga sejenisnya. Jadi sebagai pengganti itu semua sobat kicau mania bisa menggunakan Kroto yang segar. Dan sebagai pengganti Nektar kita bisa ganti dengan Air gula atau madu asli.
Semoga Berhasil . *kiki/7