“Bawor” Siap Meluluh-lantakkan Ebod Jaya Award 2019

115

Mediaronggolawe.id – Mbujung, ngebagong, adalah salah satu karakter/ kebiasaan  yang dimiliki oleh burung kacer, salah satu burung yang selalu hadir di setiap even/ lomba. Hal itu yang menjadikan tantangan para kacer mania dalam menaklukkan si hitam putih. Hal itu pula yang menjadikan penggemar kacer, mundur teratur dan memilih mengganti jenis burung lain sebagai burung gacoan.

Namun tidak demikian dengan tokoh kita yang satu ini. Berasal dari Brebes, sosok ini cinta mati dengan jenis burung yang satu ini. Tidak peduli dengan ejekan penggemar burung jenis yang lain, Sosok ini selalu membawa kacer gacoannya ke gantangan, meskipun hampir setiap membawa gacoannya, selalu pulang dengan tangan kosong, zonk. Namun, karena keuletan dan kesabarannya dalam merawat burungnya, lama-kelamaan membawa hasil juga. Sekarang setiap mengikuti even/ lomba, hampir selalu pulang dengan membawa hasil, tropi. Bahkan tidak jarang setelah even, burung gacoannya selalu diminati oleh peserta lain, bahkan ada berani mengucapkan, “Minta berapa ???”.

Itu lah Wa Kono, kacer mania asal Gang Kota Baru 7 Brebes. Sosoknya yang  sederhana dan tidak banyak bicara ini, memang sangat menggemari kacer, sejak pertamakali kenal burung. Ada beberapa kacer yang dimiliki sebagai andalannya. Salah satu kacer yang dimilikinya diberi rnama “Bawor”. Untuk wilayah Brebes, Tegal dan sekitarnya, siapa yang tidak kenal “Bawor”, burung kacer kesayangan Wa Kono ?

Wa Kono kiri

Penampilan terakhir di even Piala Ngapak 2, “Bawor” yang berada di nomor gantangan 66, masuk nominasi 4, kalah dalam nomor urut gantang. Terdapat 3 burung yang mendapatkan bendera koncer yang sama jumlahnya. Sebelumnya, dalam Piala Canting, dengan kondisi bulu masih belum kering, “Bawor” menempati nominasi 6. Dari situlah kacer milik Wak Kono mulai diperhitungkan keberadaannya. “Burung berbahaya”, kata sebagian orang.

Penampilan “Bawor” yang sudah 5 tahunan dirawat Wa Kono ini, mulai menarik perhatian penggemar kacer. Bahkan ada beberapa peminat mulai menghubungi Wa Kono, berniat untuk meminangnya. Namun rupanya, Wa Kono belum berniat melepasnya. Dalam kelakarnya, Wa Kono mengatakan, “Kalau ada yang mau 60 juta, “Bawor” saya lepas hehehehe”. Katanya sambil tertawa.

Saat ini, Wa Kono sedang mempersiapkan “Bawor” untuk even Ebod Jaya Award 2019 yang akan dilaksanakan di Cibubur. Menu utama yang disajikan adalah Voer Nanjung 105, selain dengan tambahan EF serangga. Harapan dari Wa Kono yang tergabung dalam Brebes Team, gacoannya bisa tampil maksimal, dan bisa menyabet juara.

Baca juga :

Konsistensi Penerapan Tata Tertib Latber