Bang Sofyan Sultan SF Pemilik murai batu ” Lidah Api Kawal Langsung Gacoannya Ke Arena lomba.

24

Di kalangan pecinta burung, murai alias Copychus malabaricus dikenal sebagai burung yang cerdas, penampilannya menarik dengan ekor panjang melengkung, warna bulu mencolok kombinasi merah, coklat, orange tua, putih. Kicauannya merdu, memiliki melodi dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai burung kontes. Ketenaran burung murai bukan hanya sekadar suaranya yang merdu, namun gaya bertarungnya juga sangat aktraktif. Murai termasuk jenis burung dengan harga yang cukup mahal hingga puluhan juta rupiah karena paling banyak dilombakan.

Murai batu Lidah Api Milik Bang Sofyan Sultan SF.

Salah satu jenis murai batu Lidah Api yang kerap menjadi jawara kontes adalah murai batu milik Bang Sofyan Sultan SF asal Subang. Kini nama Bang Sofyan makin dikenal di dunia perburungan nusantara khususnya wilyah Subang.

Prestasi Murai batu Lidah Api sudah sangat lama terukir, semenjak di take over Bang Sofyan dari seorang sahabatnya di tahun 2017 hingga kini Lidah Api masih menunjukan eksistensinya di kelas murai batu. Salah satu andalan yang sering dibawakan Lidah Api di saat lomba yaitu isian Cililin di sambung lagu gereja dan tembakan cucak jenggot dengan volume keras / tembus.

Murai batu Lidah Api berhasil raih juara 1 di Piala APBN Subang.

Lantas, apa sih rahasia perawatan Lidah Api yang dilakukan bang Sofyan Sultan SF? Ternyata rahasianya terbilang simple, untuk perawatan hariannya, setiap pagi Bang Sofyan kerap menjemur Lidah Api sekitar pukul 08.00 selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu ia pun memberikan Junior jangkrik sebanyak 8 ekor dan kroto 1 cepuk full. Lalu, sekitar pukul 10.00 burung pun dipindah ke tempat teduh, dan biarkan selama 10 menit baru dikerodong. Setelah itu, sekitar pukul 16.00 burung beri jangkrik 5 ekor, dan kemudian dikerodong kembali hingga menjelang pagi.

Yang perlu diperhatikan, kata Bang Sofyan, untuk proses mandi sendiri bisa dilakukan seminggu 3 kali. Selain itu, pemasteran dilakukan setiap hari dan biasanya diberi materi master dengan burung lovebird, kenari, greja tarung, cucak jenggot dan kapas tembak. Yang tak kalah penting, jagalah kebersihan sangkar, tujuannya agar sangkar yang dihuni burung tidak terdapat bakteri yang dapat menimbulkan penyakit dan kematian pada burung, untuk itu sangkar wajib dibersihkan setiap hari dan air minum wajib di ganti setiap hari dengan yang baru.

Selain itu, untuk perawatan lomba, dikatakan Sofyan, H-3 rawatan tetap sama seperti hari biasa, namun burung wajib diisolasi. Saat H-2, extra fooding jangkrik dinaikkan menjadi pagi 10 ekor dan sore 10 ekor jangkrik dan tanpa mandi full kerodong.

“H-1 jangkrik dinaikkan lagi menjadi 15 ekor pagi dan kroto full cepuk kemudian 15 ekor di sore hari. Dan saat hari H, sebelum berangkat ke lapangan, burung sebaiknya dimandikan dan diberi jangkrik 8 ekor, ulat hongkong 5 ekor, lalu dikerodong dan siap menuju lapangan,” Ujar Bang Sofyan Sultan SF.

Om Joker, Murai batu Lidah Api dan Bang Sofyan Sultan SF.

Memelihara Burung Murai Batu memang membutuhkan perhatian ekstra agar burung tumbuh baik dan sehat. Karenanya, memilih voer yang cocok dan berkualitas dengan burung harus bisa dilakukan oleh sang pemilik burung. Pemberian voer yang tepat ternyata menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam merawat murai batu agar tampil maksimal dan stabil juara di setiap event. Voer Nanjung 105 sangat cocok untuk murai batu karena voer Nanjung 105 adalah pakan burung premium berkualitas, yang secara khusus diracik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung kicauan Anda. Voer Nanjung 105 dihadirkan untuk semua penggemar burung berkicau, agar kebutuhan nutrisi burung peliharaannya sangat tercukupi, sehingga didapatkan hasil yang optimal, baik untuk kebutuhan harian, kontes burung berkicau, maupun ternak. Voer Nanjung 105 terbuat dari bahan baku bermutu tinggi, dengan mengkombinasikan manfaat dari serangga, buah-buahan, racikan herbal, dan bahan baku lainnya yang memiliki nutrisi tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan burung peliharaan kita, sehingga voer Nanjung 105 menjadikan burung peliharaan Anda lebih sehat dan rajin berkicau. Kunggulan voer Nanjung 105 adalah terdapat kandungan ekstrak serangga, buah-buahan, racikan herbal, dan bahan baku lainnya yang memiliki nutrisi yang baik, sehingga menjadikan voer Nanjung 105 menjadi pakan burung berkicau yang berkualitas tinggi. Voer Nanjung 105 mengandung ekstrak belalang dan jangkrik. Belalang dan jangkrik termasuk jenis serangga yang paling disukai oleh burung berkicau. Belalang dan jangkrik memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti : Protein, vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang sangat diperlukan oleh burung berkicau. Jangan sepelekan gizi belalang dan jangkrik. Voer Nanjung 105 juga mengandung ekstrak buah-buahan diantaranya ekstrak dari buah merah Papua yang memiliki khasiat meningkatkan stamina, menjaga daya tahan tubuh atau sebagai antioksidan alami. Hasil riset menyatakan bahwa kandungan tokoferol pada buah merah Papua sangat tinggi, yaitu 11.000-12.000 ppm dan betakaroten 7.000 ppm. Kedua senyawa ini menjadi antioksidan alami yang menyebabkan kekebalan dalam tubuh meningkat sehingga bisa menekan berkembangnya virus yang menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Selain buah merah Papua, voer Nanjung 105 mengandung ekstrak biji anggur, ekstrak biji bunga matahari, dan bahan baku herbal lainnya yang kaya akan nutrisi dan manfaat untuk burung kesayangan kita.