Bagaimana Cucak Ijo cepat ‘panas’ bongkar isian? + Video

9199
SUARA BURUNG : Pemanasan Adu Cucak Ijo Ngentrok Ngamuk Sebelum Lomba

 

Karena bukan petarung, karakter Cucak Ijo (CI) cenderung tidak stabil. Membuatnya lebih stabil, ada beberapa perlakuan yang biasa diterapkan para pemain, misalnya memanfaatkan burung sejenis untuk keperluan ngecas, baik menggunakan CI betina maupun CI jantan.

Tujuan pengecasan ini adalah memancing birahi CI siap tempur, atau membangkitkan semangat tempurnya di lapangan nanti. Pengecasan dengan menggunakan cucak betina dilakukan selama 5-15 menit saja sebelum turun lomba. Caranya dengan menggantungnya atau ditaruh berdekatan. Kerodong sangkar betina dibuka sedikit saja, biar Pejantan penasaran mengintipnya.

Mengikuti latber atau latihan bersama sesama CI bisa meningkatkan mental bertandingnya.  Jika dirasa belum cukup panas, bisa menggunakan CI yang kualitasnya di bawah burung jagoan kita, karena sifatnya hanya untuk memancing emosinya saja. Pengecasan dengan menggunakan pejantan lain tidak perlu lama cukup 5 menit saja. Caranya sama dengan diatas, cukup ditaruh berdekatan tetapi kerodong dibuka setengah sangkar CI Jagoan kita.

Dan jangan lupa dilihat musuh sudah sebandingkah dengan umur burung kita? “Jangan sampai umurnya seperti anak lawan orang tua, yah modarlah anak kecil. Seperti itulah kiasannya, ”ungkap om.Hendro kepada Pewarta Ronggolawe ketika diminta pendapatnya tentang perawatan Cucak Ijonya.

“Pahami karakter unik CI milik kita sendiri. Jadi kalau Ijo lagi nggak ‘mood’ digebrak-gebrak sangkar dia juga nggak akan main. Yang ada kita stress sendiri. Jangan suka ikut-ikutan setinggan orang walaupun burung itu sering juara, ”ungkap Om.Hendro sambil tersenyum. Ibarat petinjulah, jangan dipaksa untuk bertarung terus dan kasihlah waktu untuk istirahat, tambahnya.

Bagaimana bisa Cucak Ijo bisa cepat ‘panas’ bongkar isian?

Perhatikan faktor emosinya saat perawatan harian di rumah, Untuk kebutuhan buah jangan diberikan pisang kepok yang setengah matang supaya tidak cepat birahi, tapi berikan pisang matang yang pastinya mempunyai kandungan madu cukup untuk meredam panas dalam burung kita.

Untuk pemilihan jangkrik berikan yang gemuk isi perutnya dan jangan yang kopong supaya asupan gizi terpenuhi dan untuk Pagi hari, berikan jangkrik 5 ekor, setelah itu dijemur hingga pukul 11.00 Habis dijemur dianginkan sebentar, kemudian dimandikan sampai puas. Tambahkan 5 jangkrik di sore harinya.

Mengatur birahi menjadi kunci utama menjaga kestabilan emosi burung kita. Untuk setting lapangan juga tidak perlu repot. Cukup ditambah setelan jangkrik 5 ekor jangkrik, total jadi 15 ekor berikut ditambah sedikit kroto. Sebelum digantang burung di obok tangan, digoda agar terpancing birahinya naik. “karena suara lalu lintas dan bisingnya suara motor saat ke arena lomba, kadang membuat burung sudah bongkar isian dahulu sebelum turun. Capek sebelum perang. Ngempos istilahnya. Yang bagus saat kita gendong, burung harus dijaga supaya kerjanya ‘ngeriwik aja, ”ucapnya membagi rahasia sambil menyedot rokok filter yang kesekian kalinya

Kasih Dobel Kerodong saat lomba dan tidak perlu kita buka kerodong cukup ngintip sebentar sebelum naik gantangan kalau burung sudah ngejambul atau ngentrok dipastikan bendera nominasi bisa diberikan itupun kalau terpantau juri yang jujur di lapangan, tambahnya sambil tertawa. “Cucak Ijo itu burung jujur, cukup tambahkan 2 jangkrik sebelum tarung. Berikan pelatuk ulam yang memiliki karakter suara yang mirip dengan cililin yang merdu karena suara kicauannya sangat rapat supaya cucak ijonya saat ngeroll diujungnya ada tembakan cililin dan jangan ketinggalan burung Srindit sebagai masterannya.

Sahabat Ronggolawers, untuk menambah percaya diri Jagoan kita di lapangan. Selain perawatan harian yang rutin, dibutuhkan multivitamin untuk menunjang stamina tetap prima. EBOD JOSS Multivitamin dari EBOD JAYA dipercaya bisa membuatnya jadi gacor, meningkatkan stamina, nafas menjadi panjang dan merubah tenaga yang ngos-ngosan menjadi Joss.

Suara CI akan menjadi lebih lantang jika 2 hari sebelum lomba diberikan Cukup 5 tetes EBOD JOSS setiap hari bikin CI kuat main berkali-kali dirumah ataupun diturunkan di arena lomba burung berkicau. Kandungan Suplemen Taurin menunjukkan bisa meningkatkan kinerja atletik dalam iklan minuman energi, begitu juga dalam burung. Dengan komposisi vitamin yang dipadukan dengan Taurin mampu meningkatkan kinerja mental burung. Tambahan Vitamin B3 atau Nicotinamide berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh burung dari penyakit.

Jangan lupa lihat video tutorial bagaimana cara ngecas Cucak Ijo dengan Pejantan. Sahabat Ronggolawers, jangan lupa Subscribe Youtube : RONGGOLAWETV Channel. Semua liputan terangkum dalam bentuk audio visual lebih nyata dan lebih dekat.  Atau Ingin dibuatkan video dokumentasi breeding, burung jagoan atau profil Bird Club bisa menghubungi Brandy di SMS 085717969666 atau Facebook : Om Ronggo. Selamat Mencoba. /Brandy 20