Asyuro BF Terus Berbenah Guna Menghasilkan Anakan Yang Berkualitas 

38

 Asyuro BF Terus Berbenah Guna Menghasilkan Anakan Yang Berkualitas 

Menangkarkan burung jenis Murai Batu tentu bukan hal mudah bagi sejumlah Murai Mania. Asyuro BF yang berawal dari hobi memelihara burung jenis Murai Batu dan kini beranjak untuk menangkarkan. Kini Asyuro BF sudah memiliki 6 kandang ternak yang tentunya diisi dengan indukan yang berkualitas. Lokasi yang memang masih arsi ditengah pedesaan di Kabupaten Cirebon itu juga dapat membuat percepatnya perangsangan indukan 

Deklarasi Assosiasi Penangkar Burung Nusantara yang diadakan di wilayah Korwil Jabar 3 tentunya Asyuro Bf juga masuk dalam salah satu anggota APBN, yang mana kini APBN sendiri sudah menjadi assosiasi penangkar burung terbesar di Indonesia dan juga organisasi ini sudah terdaftar di kemenkumhan secara legalitas yang kuat. 

Masuknya banyak penangkar dari seluruh wilayah di Indonesia banyak membuat motivasi bagu para sjeumlah penghobi burung berkicau khususnya Murai Batu. Salah satunya keinginan Asyuro Bf selain untuk menambah penghasilan tentunya juga untuk melestarikan Murai Batu yang kini sudah jarang sekali terlihat dihabitat aslinya karna banyaknya oknum tangkapan liar burung Murai Batu tersebut. Dirinya juga tidak mau jika anak cucunya nanti tak tahu bahwa Murai Batu adalah salah burung endemik Indonesia yang saat ini banyak sekali yang menggemarinya. 

Maraknya lomba burung dengan hadiah tiket kelas utama untuk jenis burung yang satu ini tentunya juga membuat Asyuro BF terus meningkatkan kualitas indukan yang berkualitas, agar para pembeli bisa terus berdatangan. “ mungkin saya hanya sebagian kecil penangkar Murai Batu di Cirebon namun upaya demi upaya terus saya lakukan guna menghasilkan anakan yang betul – betul berkualitas “ pungkasnya.  

Para penangkar burung Murai Batu dimana bagian tersulit ialah saat masa percobaan penjodohan. Bagian ini yang mesti dari awal harus sangat di kawal ketat, jika tidak ada pengawasan yang extra tentunya akan ada korban.  “ metode yang saya gunakan ialah si betina masih berada di dalam sangkar kosan selama kurang lebih 3 sampai 1 minggu, jika sudah terlihat jodoh barulah pelan – pelan di lepas dan di mandikan secara bersamaan “ pungkas Asyuro. Dan alhasil Asyuro BF kini sudah bisa menghasilkan anakan. “ beberapa pekan lalu berhasil lahir anakan dari kandang pertama dan mulai di loloh menggunakan pakan Trotol produk Ebod Jaya, selain gampang menggunakannya juga kandungan vitamin di dalamnya sangat bermanfaat “ papar Asyuro. Meski produk tersebut belum lama ini dilaunching namun dirinya sudah tidak meragukan produk dari Ebod Jaya tersebut. 

Untuk meningkatkan kualitas telur saya menggunakan Ebod Breeding yang mana produk dari Ebod Jaya ini juga sudah sangat terbukti khasiatnya dan manfaatnya juga banyak, salah satunya bisa menjadi pengganti vitamin untuk meningkatkan kualitas telur, membantu memperbaiki kualitas telur dan dapat merangsang birahi burung.  (Vj_DafriChan/KangRonggo)