Apa & Kenapa APBN Expo?

66

Sebagai asosiasi yang baru saja lahir menyemarakkan dunia burung berkicau di Indonesia, Asosiasi Penangkar Burung Nusantara (APBN) masih perlu banyak memperkenalkan diri kepada semua elemen di industri burung berkicau di Nusantara. Selain untuk menyampaikan dan mensosialisasikan visi dan misi serta program-program kerja yang sedang dilakukan dan akan dilakukan, APBN juga perlu mendapatkan dan merangkul dukungan dari semua pihak, baik yang berkecimpung di sisi lomba, penangkaran itu sendiri dan tentunya juga pemerintah sebagai pemangku kebijakan berkaitan dengan kaidah-kaidah konservasi dalam hal pemanfaatan burung berkicau endemik Indonesia sebagai aset negara secara profesional dan bertanggungjawab.

Ajang lomba burung berkicau bertajuk Piala Presiden RI tanggal 31 Maret 2019 bertempat di Sirkuit Sentul. Bogor yang direncanakan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia adalah momentum yang sangat tepat untuk disandingkan dengan sebuah event pameran dari asosiasi penangkaran burung berkicau endemik Indonesia yang di kemas oleh Asosiasi Penangkar Burung Nusantara (APBN) yang sekaligus memberikan pesan kepada seluruh elemen industri perburungan dan pemerintah bahwa dunia kicau mania saat ini adalah kicau mania yang dewasa, modern, melek teknologi, dan secara sadar ikut serta dalam pengembangan aset negara berupa keanekaragaman burung berkicau endemik asli Indonesia yang secara langsung juga menyentuh dan mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan penangkaran di wilayah ex-situ.

Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka beberapa acara seremonial dan lomba serta pameran akan ditampilkan dalam event APBN-EXPO yaitu :
1. Pameran hasil Penangkaran Anggota APBN yang akan diwakili oleh hasil penangkaran anggota APBN dari 10 Koordinator Wilayah (KORWIL) APBN.
2. Penjualan dan lelang hasil penangkaran dari BirdFarm ternama Anggota APBN yang hasil tangkarannya sudah teruji mampu bersaing di level tertinggi lomba burung berkicau di Indonesia
3. Pengumuman Lomba Video Tutorial Penangkaran dari berbagai daerah dan jenis burung endemik Indonesia dan materi video tutorial tersebut akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat umum, penangkar pemula, pemerintah, akademisi, pers dan elemen perburungan lainnya.
4. Lomba Pertama di Indonesia menyangkut keelokan fisik dan kebugaran trotol murai batu yang nantinya akan menjadi semacam standar kualitas anakan atau trotol murai batu yang dinilai dari sisi fisik dan kebugaran atau kesehatan.
5. Edukasi Penangkaran dari Penangkar yang sudah terbukti sukses mengelola penangkarannya dalam skala besar termasuk juga pengembangan genetika indukan dan anakan serta peningkatan hasil produksi dan penjualan hasil penangkaran. Para penangkar yang ingin sukses amat sangat disarankan untuk bisa mengikuti sesi ini.
6. Aplikasi yang merupakan inovasi terbaru di dunia perburungan di Indonesia yang memuat data penangkar, hubungan jual beli antar penangkar dan pelomba, event mendatang serta menu lain yang sangat aplikatif dan mudah digunakan oleh pengguna aplikasi ini. KukiloLINK adalah aplikasi pertama yang mampu menjawab tantangan informasi yang cepat, termuktahir tentang dunia burung berkicau di Indonesia.
Semua hal yang diagendakan diatas tidak lain adalah bukti nyata kinerja dari seluruh anggota APBN yang secara bertahap terus bergerak memberikan yang terbaik untuk negeri tercinta Indonesia menuju semboyan Alam Terjaga, Penangkar Sejahtera, Hobi Abadi Selamanya. Salam Konservasi.
(red/Rho220)