Abah ainul “Menangkar adalah Konservasi, Hoby dan Rizki”.

185

Perkenalkan ABAH AINUL. Beliau adalah tokoh perburungan dan penangkar murai batu senior dari gresik nama kandang beliau adalah EL61 BF. Pembawaanya yang kalem serta mampu mengayomi adalah kelebihan yang beliau miliki sehingga banyak yang menganggap beliau adalah guru sekaligus ayah bagi junior-junior beliau. Kharisma beliau inilah yang membuat beliau di segani dan tentu di hormati oleh rekan-rekan beliau baik sesama penghobi burung berkicau khususnya murai batu ataupun di luar hobi beliau.

Selain sebagai penangkar beliau juga menjadi pemain dan juga Eo di gantangan rajawali bc yang notabene adalah gantangan yang dinaungi ronggolawe nusantara. Tak hanya itu beliau juga seorang pebisnis dalam usaha UMKM yaitu sambal merk EL61 sama persis dengan nama Ring kandang breeding murai batu beliau.

abah ainul juga masih aktif menyalurkan hoby gantang murai kesayangannya.

Sebagai pemain banyak torehan prestasi yang telah diraih olehnya misalnya tahun lalu beliau sukses menjadi ketua pelaksana event nasional PIALA JOKO SAMUDRO, menerima penghargaan di event KZR CUP IREMBANG atas dedikasi beliau di dunia perburungan dan tentu banyak prestasi-prestasi lain yang diukir oleh beliau. Maka tak salah berkat reputasi beliau di dunia perburungan khususnya jawa timur, beliau di tetapkan sebagai KETUA KORWIL APBN GERBANG KERTASUSILA. Prestasi beliau di dunia perburungan nasional khususnya jawa timur tentu tak lepas dari orang-orang tercinta beliau khususnya sang istri Hj. TIMUR IDA ROCHANI yang selalu mensuport dan mendampingi beliau di setiap rutnitas dan aktifitas beliau.

Abah Ainul saat menerima penghargaan KZR CUP I Rembang yang di serahkan langsung oleh Bupati Rembang beberapa waktu yang lalu.

Bunda H. Timur Rochani selalu mensuport hobby dan usaha yang di geluti suaminya.

Dedikasinya di dunia hoby sekaligus penangkaran utamanya murai batu tak bisa dibantahkan lagi. Hal inilah yang membuat saya sebagai awak mediaronggolawe.id terbesit untuk datang dan melihat langsung kegiatan beliau sebagai penangkar sekaligus ketua korwil APBN gerbang kertasusila yang meliputi (Surabaya, gresik, pasuruan, sidoarjo dan mojokerto).

Abah ainul memberi kata sambutan saat ditunjuk menjadi ketua korwil APBN Gerbang kartasusila di hotel sumi surabaya bulan oktober tahun lalu. 

Dalam wawancara beliau mengatakan ” KONSERVASI, HOBY, DAN MENJALIN SILATURRAHMI INSYAALLOH MEMBAWA RIZKI”. Kalimat itu tentu mengandung arti yang dalam dan tentu saya pun bisa mengartikan bahwa beliau mempunya pandangan serta konsep yang luas seputar hoby beliau. Dan saya pun bergegas lagi untuk bertanya tentang kandang murai batu milik beliau serta perawatanya. “Saya mempunyai 6 ekor indukan terpilih dan semua punya prestasi di gantangan, karena bagi saya BEBET, BOBOT, BEBET itu perlu mas karena faktor genetika jg mempengaruhi hasil anakan intinya kaya manusia selain tentu pola rawatannya harus tepat rutin dan teratur”. Ujar beliau sambil menunjukan kandang beliau.

Lalu pertanyaan berikutnya bagaimana untuk pola rawatan harian beliau sehingga bisa maksimal dan menghasilkan Trotol yang baik dan bagaimana juga untuk market pemasarannya? “Untuk pola perawatan sederhana saja indukan saya taruh di kandang standart saja dan untuk pola makan saya harian pakai Voer Nanjung 105 Serta saya kombinasikan dengan EBOD BREEDING yang sudah saya campur dengan kroto sehingga saat di konsumsi burung langsung mengena. Untuk baby murai batu saya memakai produk terbaru  Ebod jaya merk TROTOL  Mas menurut saya ini paraktis dan tidak ribet di samping itu tekstur yang lembut dan gizi yang baik cocok buat Trotol murai batu saya terutama bodi dan tulang- tulangnya cepat besar. Untuk market dan pemasaran tiap Trotol usia 1,5 bulan harga normal saya jual 3,5 juta dan sudah banyak.kok yang beli dan biasanya datang langsung kesini dan kadang saya juga gunakan medsos seperti FB dan WA.

Untuk bubur lolohan dan multi vitamon beliau Percaya bubur lolohan TROTOL dan juga EBOD BREEDING bagi murai batunya.

Sebelum mengakhiri perbincangan dengan beliau saya pun sempat menanyakan kegiatan beliau sebagai ketua Korwil APBN gerbang kertasusila yang beliau pimpin.

“Buat saya ini amanah yang harus saya emban, meski berat namun itu adalah bentuk tanggung jawab saya dari rekan-rekan anggota APBN toh manfaatnya juga saya rasakan jadi saya melaksanakanya dengan sepenuh hati. Sekarang saya memfokuskan pemesanan ring APBN yang berbarcode agar lebih mudah mendata hasil anakan trotol dari tiap anggota. Oh ya dan perlu di ketahui untuk target dari APBN di tahun 2020 nanti untuk gantangam dalam naungan ronggolawe nusantara senusantara wajib pakai Ring APBN dan itu nanti Losgan semua. Jadi saya cuma menghimbau bagi semua penangkar murai batu atau burung lokal endemik indonesia secepatnya gabung di APBN caranya dengan menunjukan identitas diri dan foto kandang bredingnya untuk didata petugas APBN.

Ring APBN yang sudah terpasang di murai batu milik beliau.

Itulah petikan wawancara saya dengan Abah ainul yakin Tokoh perburungan nasional indonesia khususnya jawa timur sekaligus ketua asosiasi penangkar burung nusantara (APBN Gerbang kertasusila). Bagi anda yang ingin berkonsultasi dan mungkin mencari gacoan prestasi atau ikut gabung APBN silahkan hubungi beliau di nomer 08113302567.