9 Permasalahan Lovebird Yang Bisa Diatasi Dengan Produk Ebod Jaya. Dan Perlu Anda Ketahui ( Bagian I ).

229

Sobat Ronggolawe Nusantara, sebagi insan kicaumania sejati, kita punya kewajiban untuk mempelajari berbagai macam permasalahan yang sering terjadi dalam merawat burung, katakan saja sobat ronggolawers adalah pecinta burung paruh bengkok atau lovebird. Maka sobat ronggolawers seharusnya perlu memahami kendala dan memecahkan permasalahan dalam pemeliharanya. Sebagai pecinta dan pemelihara, kita diwajibkan untuk memberikan perawatan sebaik-baiknya pada hewan peliharaan kesayangan kita ini.

Mempunyai pengetahuan berbagai permasalahan yang biasa terjadi dalam perawatan burung lovebird akan membuat kita menjadi lebih tenang, karena kita sudah tahu cara mengatasinya. Penting sekali anda untuk mengetahui beberapa daftar permasalahan yang biasa terjadi pada lovebird, seperti dibawah ini.

[doptg id=”9060″]

  1. Lovebird cabut bulu

Cabut bulu yang dilakukan lovebird bukan hanya karena adanya kutu atau kekurangan vitamin, namun bisa karena menderita stress fisiologis. Penyakit ini juga kerap terjadi pada burung paruh bengkok lainnya.

 

Stress fisiologis timbul akibat hidup menyendiri dalam sangkar, seperti yang kita tahu bahwa lovebird merupakan tipe burung yang senang berkoloni. Sehingga jika mengalami hidup sendiri maka bisa membuat burung stress secara fisiologis, salah satunya adalah hilangnya komunikasi dengan sesama lovebird serta tidak mendapatkan pasangan. Akibat keadaan yang seperti itu maka burung menjadi stress dan meluapkan kegelisahannya dengan cara mencabuti bulu-bulunya. Solusi terbaik pada burung yang cabut bulu akibat stress fisiologis adalah dengan mencarikan jodoh guna melampiaskan hasrat biologisnya. (baca juga artikel 6 Langkah Mengatasi Murai Yang Mencabut Bulu)

 

  1. Permasalahan nyilet pada lovebird

Kasus nyilet ternyata tak hanya mendera burung kenari, burung lovebird juga bisa mengalaminya. Loevbird nyilet adalah tulang dada yang terlihat menonjol atau dengan bahasa lain prominent keel/prominent breast bone. Dada nyilet sering diidentikan karena kekurangan gizi, namun tidak semua lovebird yang nyilet karena asupan gizi yang kurang, bisa juga karena adanya penyakit.

Penyebab umum terjadinya permasalahan nyilet pada lovebird antara lain:

  • Kandungan gizi pada makanan yang kurang.
  • Kurangnya porsi makan burung.
  • Burung terkena penyakit gondok.
  • Burung mengalami keracunan bahan logam berat.
  • Adanya permasalahan pada paruh.
  • Adanya gangguan parasit yang menyerang lovebird, seperti: Cacing gelang, giardia, lalat, kutu, serta tungau kulit.
  • Terjadinya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, jamur, dan virus.
  • Penyakit yang bisa mengakibatkan penurunan berat badan lovebird antara lain PDD (Proventricular Dilatation Disease), Aspergillosis, Psittacosis, Avian tuberculosis, Candida, Avian polyoma, WNV (west nile virus).

 

Pengobatan lovebird nyilet.

  • Burung dikarantina/diisolasi dalam sangkar yang dikerodong.
  • Hentikan proses mandi dan penjemuran terlebih dahulu.
  • Berikan E-Bodre yang bisa membantu maslah nyilet pada semua jenis burung ( Produk berkualitas Ebod Jaya ini bisa di peroleh di toko burung)
  • Bersihkan kotoran burung setiap hari.

 

  1. Lovebird berak kapur

Lovebird yang kotorannya seperti kapur atau biasa disebut dengan berak kapur. Berak kapur pada semua jenis burung tak terkecuali lovebird kesayangan Sobat Ronggolawers disebabkan oleh Mikroorganisme yang menyerang saluran pencernaan dan infeksi saluran pencernaan pada burung/unggas cara mengobatinya adalah dengan memberikan E-Bodre, dan jangan lupa pemberian Ebod Solutions. Ebod Solutions juga bisa membantu memulihksn kekebalan tubuh burung.

Sobat Ronggolawers, itulah artikel dari kami tentang keunggulan produk Ebod Jaya Group yang bisa mengatasi berbagai permasalahan gangguan kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga artikel dari kami bermanfaat bagi Sobat Ronggolawers. Selamat Mencoba. Semoga Berhasil. Salam Ronggolawers. Bravo Kicaumania Nusantara.

Berbagai sumber.

Denny_Sby.

02Des2016