5 Langkah Membuat Kenari Macet Gacor Lagi

Sobat Ronggolawers terutama kenari mania tahukah anda masalah burung kenari yang macet bunyi, kenari yang macet bunyi tidak hanya karena si burung dalam proses mabung saja, pasti banyak dari sobat kenari mania yang mengalami hal yang tidak mengenakkan ini. Kenari kesayangan kita yang awalnya sangat gacor dengan kicauannya yang merdu, secara tiba-tiba mengalami macet. Mabung memang menjadi salah satu faktor penyebab macetnya suatu burung untuk gacor, baik itu burung kenari atau burung yang lain. Mabung merupakan suatu proses alami yang dialami oleh semua jenis burung, biasanya lama proses rontoknya bulu ini selama 6-7 minggu. Mabung memang proses alami yang sangat berat dialami bagi seekor burung, karena harus mengeluarkan banyak energi dan stamina untuk proses rontoknya bulus sehingga menjadikan burung yang rajin gacor akan menurunkan performanya bahkan akan menurunkan volume suaranya dan akhirnya macet. Untuk kengatasi maslah burung kenari yang macet kita harus benar-benar jeli dan detail untuk mengetahui penyebab sebenarnya atau penyebab utama burung kenari anda macet. Simak masalah dan solusi untuk burung kenari yang macet dibawah ini.

5 masalah kenari macet bunyi dan solusinya agar gacor lagi

1. Masalah kenari macet karena kurang fit saat Mabung  dan solusinya

Stamina yang terus menurun akibat mabung bisa membuat burung kenari menjadi malas berbunyi. Kurang fit akibat dari mabung ini bisa terjadi ketika kita lalai dalam memberi asupan vitamin dan gizi saat burung mabung. Faktor nutrisi yang kurang ini merupakan faktor yang paling sering terjadi dan hal ini pula penyebab burung kenari ini macet.

Solusi: Untuk masalah burung kenari macet karena kurang fit saat dan usai mabung ini, adalah:

  • Dengan segera dan secepatnya kita mengganti pakan, baik porsi, kualitas maupun vitamin serta extrafoodnya, selain itu kita juga harus melakukan perawatan yang lebih intens lagi selama 2 hingga 3 minggu.

Berikut ini contoh cara penanganannya

  • Berikan pakan yang berkualitas dengan porsi dan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Berikan buah-buahan sebagai multivitamin alami dan sebagai penambah stamina, berikan apel tiap pagi harinya.
  • Berikan telur rebus bisa diberikan juga sebagai penambah stamina dan pemulih tenaga.
  • Lakukan penjemuran setelah burung mabung agar stamina cepat pulih.
  • Berikan multivitamin tambahan yang sering digunakan misalanya EBOD VIT yang terbukti mampu menjaga stamina burung, mengurangi strees, dan membuat burung rajin berbunyi. Atau bisa juga diberi EBOD JOSS, EBOD JOSS adalah vitamin penggacor burung, baik untuk burung lomba ataupun burung rumahan/piaraan.

2. Masalah kenari macet karena kegemukan setelah mabung dan solusinya

Hal seperti ini bisa juga terjadi, kicaumania pemula biasanya membiarkan burung kenari yang mabung diberi perawatan seadanya atau asal-asalan saja. Mulai dari segi makanan, penting dicepuk tempat makanannya diisi makanan, yang penting tempat makan terisi dan si kenari bisa memakan makanan tersebut. Tak jarang pula hanya memberi makanan biji-bijian serta voor tanpa memberi buah dan sayur (untuk burung pemakan voor). padahal burung saat mabung ini jarang bergerak sehingga ini yang menyebabkan kegemukan. Fungsi buah dan sayur adalah sebagai makanan berserat.

Solusi:

  • Perhatikan porsi makanan dan jenis makannnya, serta berikan perawatan khusus.
  • Makanan berupa biji-bijian dikurangi porsinya.
  • Porsi buah lebih banyak.
  • Banyak dijemur (dijemur lebih lama) sebenarnya penjemuran tidak akan melunturkan atau melelehkan lemaknya namun hanya mengurangi porsi makan si burung dengan banyak minum.
  • Sesering mungkin si burung dimandikan, karena bisa mempercepat penurunan berat badan burung, saat mandi si burung banyak bergerak sehingga mengeluarkan energi.

3. Terlalu lama mabung dan solusinya

  • Burung mabung biasanya terjadi alamiah namun apabila burung terlalu lama mabungnya bisa jadi karena burung mengalami hal lain. Misalnya stress atau sebagianya. Bila burung kenari anda mengalami mabung dengan waktu yang lama tentunya burung akan kehilangan banyak nutrisi dan kehilangan staminanya. Sebagai solusinya seperti yang sudah kami sebutkan diatas yaitu dengan memberikan pakan ektra dan multivitamin. namun anda juga harus memperhatikan pengaruh stressnya dengan meletakan burung ditempat tenang, jauh dari gangguan baik suara maupun predator alamiahnya serti kucing, tikus atau ular.

4. Masalah kenari macet karena stress dan solusinya

  • Stress pada burung juga bisa menjadikan si burung malas berbunyi, dan banyak hal yang mempengaruhi tingkatan stress pada semua burung ocehan termasuk kenari. Strees bisa juga disebabkan dari hal yang menurut kita ringan, seperti menempatkan atau memindah burung kesangkar baru. Stress juga bisa terjadi karena hal yang berat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan burung kenari stress misalnya:

> Burung kenari stress karena lingkungan tidak nyaman (terlalu bising, berisik atau ramai).
Solusi: Tempatkan burung dilingkungan yang nyaman dan tidak bising.

> Burung stress karena suhu atau cuaca yang buruk, ternyata suhu dan cuaca juga bisa menyebabkan burung menjadi stress.
Solusi: Jangan biarkan burung anda diletakkan di tempat yang terlalu panas atau dingin (didekat AC) berikan suasana yang sejuk dan nyaman untuk burung.

> Ada predator di dekat sangakrnya.
Solusi: Jauhkan burung dari tempat yang kita sinyalir mungkin bisa mendatangkan predator seperti kucing, tikus, tokek, anjing dan hewan lainya.

> Suara kicauan burung lain yang lebih fighter dan suaranya terlalu keras juga bisa membuat burung kenari anda macet bunyi karena mental si kenari down.
Solusi: jauhkan burung itu atau pindah kenari ke tempat yang lebih nyaman dan aman dari suara burung kenari yang lebih gacor tersebut.

> Terlalu birahi, kenari jantan tinggi (over) birahinya, ternyata bisa menyebabkan burung stress dan macet bunyi.
Solusi: segera carikan kenari betina untuk dikawinkan dengan burung kenari jantan yang sedang over birahi tersebut.

Untuk burung kenari yang stress bisa anda berikan multiitamin EBOD VIT agar burung cepat pulih psikologinya

5. Masalah sakit dan solusinya

  • Sakit karena tungau kantung udara.

Burung kenari bisa macet karena penyakit tungau kantung udara yang menyerang sistem pernafasan burung kenari.

Ciri-ciri kenari Yang Terkena Tungau Kantung Udara: 

  • Burung akan macet bunyi dan penurunan aktifitas.
  • Pada bagian tenggorokan yang kembang kempis tapi suaranya tidak keluar.
  • Bulu-bulunya kering serta mudah keriting dan mudah rontok.
  • Bulu si kenari sering mekrok atau si kenari mengembangkan bulu-bulunya.

Biasanya jika terlihat tanda-tanda seperti disebutkan diatas pastinya burung anda terkena penyakit tungau kantung udara, celakanya faktor ini merupakan penyebab terbanyak burung-burung kenari macet bunyi.

Penyebab utamanya penyakit tungau kantung udara adalah faktor kebersihan kandang, kebersihan sangatlah penting untuk kesehatan penghuni dalam sangkar tersebut. Kurangnya kita membersihkan sangkar bisa berakibat buruk bagi si penghuni sangkar tersebut. Jika kita memakai sangkar yang dulunya pernah diisi atau ditempati burung lain dan burung penghuni sangar terdahulu terjangkit penyakit tungau kantung udara, maka burung milik kita yang kita masukkan kedalam sangkar tersebut akan terjangkit penyakit serupa.
Solusi: Solusi yang tepat yaitu. Memberikan E-BODRE kepada si burung yang terkena penyakit tungau kantung udara tersebut.

Sedangkan untuk sangkar dan aksesoris sangkar serta kerodong, kita bisa mencucunya mengunakan Shampoo JATI JAJAR yang terbukti mampu membasmi bibit penyakit serta bakteri yang hinggap atau bersembunyi diselah-selah bagian sangkar.

Sahabat Ronggolawers. Demikian tadi ulasan artikel tentang 5 Masalah Membuat Kenari Macet Gacor Lagi, semoga bermanfaat untuk sahabat Ronggolawers.

SALAM RONGGOLAWERS.

Berbagai Sumber

DennySby_19