5 Cara Pengembunan Bikin HELLOWEEN Milik OM. YONO Percaya Diri Jadi Juara + Video

11627

Jangan telat bangun pagi, nanti rezekimu dipatuk ayam. Ungkapan orang tua agar memotivasi kita untuk tidak bermalas-malasan. Tentu saja banyak nilai positifnya, selain bikin kita punya banyak waktu untuk beribadah, berolahraga, mengatur jadwal agenda kerja tentu saja bermanfaat bagi penghobi burung.

Tentu saja bagi sahabat Ronggolawers, Setelah sholat Subuh dan ayam telah berkokok. Dimanfaatkan dengan baik membawa burung kesayangannya keluar rumah untuk diembunkan seperti yang dilakukan tidak hanya oleh Om.Sigit WMP asal Klaten terhadap Lovebird Kusumo. Tetapi juga Om.Yono terhadap Murai Batu kesayangannya, Halloween.

“Pengembunan burung di tempat terbuka sambil melihat langit diatas tentu saja baik untuk Pengembunan burung, Halloween termasuk burung yang tidak rewel dan bisa ditaruh di tempat mana saja, ”papar pria asal Demak menuturkannya kepada Pewarta Ronggolawe pagi itu. Untuk Sahabat Ronggolawers perlu ketahui, tehnik pengembunan adalah salah satu cara ‘mengembalikan’ siklus hidup Murai Batu ketika masih hidup di alam bebas. Sama seperti kita, bangun pagi hari berkesempatan menghirup oksigen yang lebih bersih.

Suara kicauan burung yang bersahutan saat Subuh akan semakin menyolok selama musim kawin, saling berlomba menunjukkan kebolehannya dalam berkicau untuk menarik perhatian pasangannya. Dengan rajin berkicau tentu saja akan merangsang dan melatih burung meningkatkan level kicauannya menjadi lebih mudah ngeplong untuk dapat bersaing dengan lawannya.

Walaupun di tengah perkampungan padat penduduk dan berada di lingkungan perindustrian di daerah Kapuk Jakarta Barat, tak membuat Halloween menjadi takut. Sejak jam 5 pagi. Lalu lalang orang melakukan aktifitas mulai dari berangkat kerja, sekolah atau pedagang sayuran berkeliling keluar masuk gang menjadi hal yang biasa terpantau oleh Halloween yang sedang dijemur diatas atap seng.

Saat disinggung bagaimana cara pengembunan yang bisa bikin Halloween tampil stabil di arena kontes, Seperti yang diperagakan dalam Video tutorial ‘Pengembunan Pagi Murai Batu Helloween”, dengan baik hati pria berambut panjang ini menjelaskannya untuk Sahabat Ronggolawers berikut ini :

1. Cari letak Matahari Terbit Sedini mungkin
Usahakan sebelum matahari terbit, berarti hari masih gelap. Kita sudah bisa mengetahui dimana arah matahari dari arah timur akan muncul. Pastikan lokasi dalam kondisi aman, tidak terjangkau oleh tangan-tangan jahil, kucing, tikus, anjing dan semut.

2. Burung harus dalam Kondisi Sehat
Walaupun ahli kesehatan mengatakan, bahwa udara pagi hari dan sinar matahari pagi itu baik untuk kesehatan tulang, kulit, pernafasan dan paru paru. Tetapi cek dahulu kondisi burung kita dahulu malam hari sebelumnya.

Jangan paksakan burung sedang dalam kondisi ‘loyo’ diembunkan. Karena udara dingin pagi hari akan menyebabkan beban penyakitnya bertambah. ”Disembuhkan terlebih dahulu,” tegas Om.Yono berikutnya.

3. Buka kerodong dan Taruh Tempat Tinggi
“Taruh tempat tinggi yang mudah terjangkau dan terbuka, boleh digantung asalkan posisinya burung jangan menghadap sinar matahari terbit atau tembok putih yang memantulkan sinar matahari supaya burung tidak silau matanya dan bisa cepat katarak, ”papar Om.Yono sambil menguliti kaki jangkrik satu per satu.

4. Jangan Lupa Berikan Pakan Dan Minum
Dalam kondisi udara terbuka, burung wajib diberikan air dan tentu saja pakan harian, Untuk Halloween. Om.Yono cukup memberikan 3 Jangkrik yang sudah dikuliti kaki-kakinya yang diberikan satu persatu ke dalam cepuk. Pemberian bertahap setiap satu jam kemudian diulangi lagi diberikan 3 jangkrik satu persatu.

5. Setelah Diembunkan Langsung Dianginkan
Cukup 2 jam diembunkan, kemudian burung diturunkan dari atas supaya bisa diangin-anginkan sebentar.

Selanjutnya untuk menjaga kebugaran tubuh
5 tetes Multivitamin EBOD VIT yang diberikan ke dalam cepuk wadah minum Lovebird setiap pagi mampu mengatasi stress dan meningkatkan nafsu makan. “Halloween tetap harus prima untuk melatih mental tempurnya dilapangan. Kebugaran tubuhnya harus dijaga sampai menjelang turun lomba, ”ungkap Om.Yono kemudian. Kandungan 250 mg Vitamin C yang terdapat dalam botol ukuran 30 ml dapat mencegah burung dari sakit, mengatasi stress akibat perubahan cuaca dan bisa membantu pemulihan luka yang terdapat di dalam tubuh burung. Om.Yono menambahkan, “Asal dilakukan rutin tiap hari dan dalam kondisi burung sehat. Pengembunan bagus untuk penyembuhan suara yang serak dan terapi untuk Murai yang mengalami birahi tinggi,”.

Untuk melayani kebutuhan akan burung baik sekedar untuk klangenan (hiburan) di rumah atau siap lomba, Om.Yono bersama Denok Canary Bird Shop yang dimilikinya melayani permintaan untuk burung jenis Lovebird, Kenari Jenis AF, Seri F sampai YS, dan Murai Batu Muda Hutan. Tentu saja peralatan asesoris seperti Sangkar naik Produk Ebod Jaya ataupun yang lainnya. Dengan menghubungi telepon Om Yono di (0878-8151-5274)
Selamat bangun pagi Sahabat Rongolawers.. /Brandy/06/06