4 Langkah Jitu Menambah Volume Untuk Burung Lomba

16070

Memiliki Burung dengan suara keras serta tembus pasti menjadi dambaan setiap penghobi burung berkicau apalagi burung tersebut di peruntukan mengikuti kontes suara, di mana volume atau power yang dikeluarkan burung saat berkicau menjadi salah satu penilaian yang berkembang dalam lomba burung di era modern seperti sekarang ini.

Volume atau suara burung dalam sebuah perlombaan menempati point ke 3 dalam kriteria penilaian yang diberikan oleh team pengadil di suatu lomba setelah Durasi dan Irama lagu. Tak terkecuali pakem penjurian yang diterapkan Ronggolawe, menerapkan sistem penilaian yang menititik beratkan pada sistem Block Dorong serta pemantauan ke burung yang dilombakan di bagi ke dalam 6 area pantauan.

Sistem Nominasi terbuka yang dikembangkan dan diterapkan Team Juri Ronggolawe pada tiap gelarannya semakin memanjakan Sahabat Ronggolawers untuk datang berlomba di event–event Ronggolawe, artinya Panitia maupun Juri tidak bisa membatasi jumlah burung yang layak mendapatkan bendera nominasi. Ok kembali lagi ke bab awal, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan sehari–hari di rumah dalam merawat gaco agar mempunyai Volume yang lebih :

1. PENGEMBUNAN
Pada Dasarnya semua jenis burung sangat menyukai suasana saat Fajar, terutama ketika melihat terbitnya matahari, di saat itu udara masih bersih dan bebas dari polusi, di alam liar pada saat Fajar umumnya burung akan berkicau dan saling bersahutan hingga akan terdengar lebih nyaring dan menggema.

Pada waktu fajar sekaligus dijadikan burung untuk rajin berkicau dan melatih otot–otot di sekitar leher sehingga membuat Suaranya akan terdengar lebih keras, manfaat lain yang di dapat dalam pengembunan ialah birahi burung lebih terkontrol karena cuaca dingin dan sinar Matahari di pagi hari akan membuat sehat tubuh burung itu sendiri.

2. PENJEMURAN
Dalam Hal Penjemuran bisa dilakukan ke dalam 2 Versi tergantung kebutuhan tempat dan ruang yang kita miliki, diantaranya :

A. Penjemuran Langsung
Penjemuran secara langsung di bawah Matahari dalam kurun waktu yang cukup lama akan menaikan suhu tubuh burung menjadi tinggi, akibatnya kondisi birahi burung akan naik, dalam keadaan birahi yang tinggi itu otomatis burung–burung yang bermental fighter akan lebih ngotot sehingga saat burung berkicau akan tedengar lebih keras, akan tetapi perlu di ingat bahwa dalam keadaan suhu tubuh tinggi yang disebabkan oleh panas sinar matahari suara burung cenderung lebih serak dikarenakan pada bagian tenggorokan biasanya terdapat lendir yang disebabkan oleh panas tersebut serta warna bulu burung akan terlihat kusam.

B. Penjemuran Tidak Langsung
Cara seperti ini umumnya dilakukan dengan cara menggantang burung di bawah atap yang mempunyai permukaan tipis, seperti Asbes, mika, permukaan atap seng dan lain sebagainya, metode seperti ini mempunyai keunggulan warna bulu pada burung tidak mudah kusam serta burung tidak mengalami dehidrasi tinggi.

3. PEMBERIAN EXTRA FOODING DISESUAIKAN DENGAN KARAKTER BURUNG
Untuk mengetahui karakter burung yang kita miliki alangkah baiknya Sahabat Ronggolawers terlebih dahulu mengamati secara detail setiap perubahan terhadap kebiasaan pola perawatan yang kita terapkan dalam kesehariannya.

Pemberian Extra Fooding yang mengandung banyak protein dipercaya mampu menaikan birahi dan suhu tubuh pada burung, efek yang ditimbulkan maka burung akan lebih rajin berkicau, sedangkan Extra fooding yang mengandung Protein terdapat pada Jangkrik, Kroto, dan Ulat Hongkong.

4. 5 TETES EBOD JOSS 3 HARI BERTURUT–TURUT SEBELUM LOMBA
Ebod Joss, Ialah Multivitamin yang berkhasiat untuk menggacorkan burung, berbagai Vitamin yang terkandung di dalam Ebod Joss mampu merangsang pembentukan hormon testosteron yang menyebabkan burung menjadi lebih gacor, daya tahan prima, nafas menjadi lebih panjang dan mental tidak mudah drop.

Campurkan air minum pada burung dengan 5 tetes Ebod Joss dan setiap hari di ganti dengan yang baru agar tetap Fresh mulai dari H–3 Pra lomba sampai Hari H lomba., Ebod joss juga baik digunakan untuk burung yang macet bunyi akibat stres atau Suara burung kurang bertenaga. ( Panji/ 5 )