4 Cara Sederhana Menambah Durasi Kerja Pada Burung Lovebird

29867

Tidak bisa dipungkiri, kelas Lovebird pada sebuah lomba burung berkicau diberbagai event merupakan kelas yang paling di padati peserta, kepopulerannya hingga kini masih menjadi primadona di tiap gelaran. Para Peserta selalu memadati atau full gantangan, pola perawatan hingga cara mengembangbiakkan relatif mudah menjadi faktor antusiasnya para penggemar burung ini dari tahun ke tahun terus meningkat.

Di latber lokal saja kelas yang dibuka untuk burung ini bisa mencapai 3–4 kelas dengan jumlah gantangan rata–rata 60 buah / 60 ekor burung yang dilombakan, lain lagi kalau sudah menginjak event skala Nasional, jumlah kelas yang dibuka hingga mencapai 6–8 kelas.

Memiliki Burung Lovebird yang mempunyai durasi kerja maksimal pasti menjadi dambaan setiap penghobi burung apalagi burung tersebut diperuntukkan mengikuti kontes suara, dimana durasi kerja yang dimiliki burung saat diperlombakan menjadi faktor utama salah satu penilaian yang berkembang dalam lomba burung di era modern seperti sekarang ini

Durasi kerja dalam sebuah perlombaan menempati point pertama pakem penialaian yang diberikan oleh team pengadil di suatu lomba. Tak terkecuali pakem penjurian yang diterapkan Ronggolawe, menerapkan sistem penilaian yang menititik beratkan pada sistem Block Dorong serta pemantauan ke burung yang dilombakan dibagi ke dalam 6 area pantauan.

Sistem Nominasi terbuka yang dikembangakan dan diterapkan Team Juri Ronggolawe pada tiap gelarannya semakin memanjakan Sahabat Ronggolawers untuk datang berlomba di event–event Ronggolawe, artinya Panitia maupun Juri tidak bisa membatasi jumlah burung yang layak mendapatkan bendera nominasi.

Penilaian burung Lovebird diberbagai lomba hingga kini masih mendapat perhatian lebih dari para EO yang menaungi sebuah lomba tersebut, khusus untuk kelas Love jumlah Bird, team penilai / Juri yang bertugas dilakukan penambahan personil lebih banyak dibanding kelas burung lain yang diperlombakan.

Kendati demikian hingga kini yang masih banyak perdebatkan tentang panilaian burung Lovebird, Burung Lovebird yang seperti apa yang di cari / layak Juara?? Apakah Lovebird dengan ngekek kurang lebih 15 menit akan tetapi mempunyai tingkat kerajinan yang lebih bila dibanding dengan Lovebird yang hanya sekali ngekek akan tetapi mempunyai panjang yang maksimal nyaris mengakumulasi dari durasi kerja yang di miliki Lovebird A??
Kemungkinan besar Ke 2 burung tersebut pasti masuk nominasi, akan tetapi bila di suruh menentukan mana yang terbaik??.

“Tergantung suasana di lapangan artinya setiap juri pasti meniliti tentang berbagai hal yang mendukung diantaranya Irama lagu, Volume atau kekerasan suara, serta gaya, Burung Lovebird ngekek pada pangkringan lebih dihitung dari pada burung Lovebird ngekek sembari ngruji, Nebok, atau menjalar, Atau kembali lagi pada pakem yang diterapkan karena pada dasarnya tiap–tiap EO mempunyai pakem tersendiri ada yang sama, tak jarang pula ada yang berbeda akan tetapi masih mempunyai misi dan visi yang sama, yaitu sama–sama mencari jawara“, hehehehe tutur salah seorang Juri Senior asal Yogyakarrta.

Kembali lagi ke bab awal tentang 4 cara mudah menambah durasi kerja pada burung Lovebird, artikel ini sengaja kami rangkum menurut pengalaman dari beberapa Lovebird Lovers asal Blok Tengah, dan berikut ulasannya :

1. Pengembunan, proses pengembunan pada burung bisa dilakukan sekitar pukul 05. 00 atau pada saat terbitnya Fajar, pada dasarnya semua jenis burung sangat menyukai waktu di pagi hari sebagai tanda bahwa mereka selamat melewati waktu malam.

Embun pagi juga sangat bermanfaat untuk penapasan burung-burung, karena udara di pagi hari masih bersih dan bebas polusi, kicauan burung pada waktu fajar akan terdengar lebih merdu atau ngeplong, pengembunan juga bisa dilakukan untuk semua jenis burung, seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Pleci, Ciblek dan lain–lain.

2. Teraphy Mandi Malam dapat menyebabkan burung menjadi lebih gacor karena kondisi birahi lebih terkontrol, mandi malam juga bisa dilakukan untuk burung yang mengalami Over Birahi (OB) yang ditandai dengan ngleper, burung terlihat seperti mengawini pangkringan, burung sering mencabuti bulu–bulunya sendiri, hingga burung jarang bunyi / mlempem.

Sedangkan waktu yang tepat untuk melakukan teraphy mandi malam yaitu antara pukul 21.00–23.00 atau sesuaikan dengan waktu luang masing–masing, mengenai tata caranya bisa disesuaikan dengan kebiasaan selama ini, misalnya dengan cara semprot halus / kasar atau dengan menggunakan keramba.

Berikan 3 tutup botol Shampo Jati jajar ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi, Shampo Jati Jajar Selain bisa memperhalus bulu pada burung juga manjur untuk membunuh bakteri atau pub kutu yang dapat mengancam kesehatan burung kesayangan kita.

Perlu di ingat, Teraphpy mandi malam hanya diperuntukan untuk burung yang sehat / fit saja, untuk menjaga kebuguran tubuh burung agar selalu sehat / Fit, gunakan Multivitamin Ebod Vit sebanyak 5 tetes ke dalam air minum burung dan setiap hari diganti dengan yang baru.

3. Masukan Burung ke dalam Kandang Umbaran / polier, kandang umbaran berfungsi untuk melatih pernafasan pada burung, mencampurkan Lovebird andalan ke dalam kandang umbaran dengan beberapa burung Lovebird yang masih muda untuk melatih mental psikologi, karena burung tersebut akan merasa paling jago atau berkuasa, dibanding burung–burung lainnya yang jauh lebih muda.

Manfaat lain yang diperoleh, kualitas suara yang dimiliki burung–burung muda semakin terasah karena setiap hari mendengarkan master (Burung jagoan Kita dijadikan Master bagi burung–burung lain yang masih muda).

Ukuran kandang umbaran / polier sebaiknya disesuaikan dengan kebiasaan selama ini atau seadanya tidak ada patokan untuk ukuran kandang tersebut.

4. H–3 sebelum lomba berikan Ebod Lovebird dan Ebod Joss, kandungan biji bunga matahari / kwaci pada Ebod Lovebird dipercaya bisa meningkatkan ke gacoran pada burung yang mengkonsumsi, karena biji kwaci mengandung berbagai unsur yang sangat baik, 90 % dari lemak biji bunga matahari adalah lemak yang baik serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin E, B 1, B 3, B 5, Mangan, Magnesium, Fosfor dan Folat.

Ebod Joss, merupakan Vitamin penggacor burung yang mampu merangsang pembentukan hormon testosteron sehingga bisa menjadikan burung lebih gacor dan mempunyai nafas yang lebih panjang, otomatis dengan memadukan ke 2 produk tersebut dalam perawatan durasi kerja yang dimiliki burung terlihat lebih maksimal.

Sahabat Ronggolawers mungkin bisa menerapkan langkah–langkah di atas untuk perawatan burung kesayangan di rumah masing-masing, langkah pertama sebelum menerapkan tentunya harus disesuaikan dengan karakter masing–masing burung yang akan kita rawat . Karena pada dasarnya karakter yang dimiliki burung 1 dengan yang lain itu berbeda–beda, tidak ada burung jawara yang tidak dirawat dengan sungguh–sungguh. ( Panji/ 16 )

Narasumber :
H.Sigit WMP, Hen–Hen BF Jogja, Kurnia BF Banjarnegara, Om.Brian Rachmad, Om.Ipung BnR, H.Samsulhadi.