4 Cara mencegah burung kacer turun saat lomba

[doptg id=”769″]

TIPS- 4 Cara Menghindari kacer bunyi dibawah

Kacer merupakan burung bersuara merdu, kecerdasannya menangkap dan menyuarakan lagu-lagu burung lain membuat para penghobi tertarik untuk senantiasa merawatnya. Tampilannya saat berlaga dilapangan memang tiada duanya. Ekor buka, sayap mengembang dengan dada mengangkat terlihat sangat gagah dan menarik, tak salah kalau burung hitam putih ini dijuluki burung fighter murni. Bagi kicau mania yang suka terjun kelomba, burung ini menjadi burung favorite karena itu tadi, gaya tandingnya bisa menghibur dan membuat bangga pemiliknya.

Tetapi beberapa kelemahan juga dimiliki burung kacer, seperti saat tanding tiba-tiba bagong atau nangkur atau turun kebawah atau bunyi dibawah, itu merupakan beberapa karakter buruknya. Sebelum kicau mania mengetahui solusinya memang ini menjadi tamparan atau kartu mati bagi pemiliknya, tetapi seiring kemajuan, kelemahan-kelemahan tersebut bisa teratasi.

Mengatasi burung kacer yang suka turun kebawah saat bertanding, biasanya para pemiliknya sangat hapal akan karakter burung andalannya, beberapa burung dahsyat tetapi punya kebiasaan buruk suka turun kebawah, mereka mengatasi dengan membuat seperti jeratan yang membuat burung enggan atau takut untuk turun kebawah.

Salah satunya dengan memakai karet yang dipasangkan dibawah sangkar dengan bentuk persegi, tertata rapi dibawah, biasanya karet yang dipasangakan karet yang berwarna. Kendati pembuatan agak rumit tetapi para kicau mania rela melakukannya agar burungnya bisa tampil konstan diatas bangkringan.

Cara lainnya yang dipakai para kicau mania agar burung andalannya tidak bunyi dibawah saat bertanding adalah dengan memasukan es batu kedalam sangkarnya yang disimpan dibawah, caranya es batu tersebut dipotong-potong dengan ukuran dadu lalu dimasukan atau ditebar dibawah sangkar. Memang cara-cara ini sampai sekarang masih dipakai masalah efektif atau tidak itu hanya pemain yang memakai yang tahu.

Cara ketiga supaya burung anteng saat bertading alias tak turun kebawah yaitu dengan cara memasang rumput-rumput buatan dibawah sangkar sehingga burung agak takut untuk turun kebawah, cara ini tergolong cara baru dalam menyiasati burung kacer yang suka turun kebawah. Cara ini dipakai karena burung andalanya punya kendala tetapi bagi yang tidak punya kendala mereka berlomba normal–normal saja tanpa ada tips atau trik nyeleneh.

Cara keempat-tak lain, memakai bola-bola kecil yang berwarna-warni. Tujuan tak lain agar burung tak turun saat ia berlaga. Ketakutan atau merasa tak nyaman itu yang diharapkan pemakai cara ini. Burung agar kerasan tinggal dibangkringan saja, baik lagi ngotot atau saat lompat kejeruji. Cara ini benar-benar lagi ngetrend bagi pemilik burung kacer yang suka turun saat lomba.