Kategori: Keluarga Besar RN Profil

10 Tahun Jadi Korlap Pak Umar Jadi Panutan Banyak Juri

10 Tahun Jadi Korlap Pak Umar Jadi Panutan Banyak Juri

Pak Umar, adalah salah satu okrlap Ronggolawe Nusantera tertua di Jawa Tengah. Pak Umar sendiri sudah menjadi korlap sejak Ronggolawe Nusantara berdiri beberapa tahun lalu.

Banyak perjalanan menjadi juri dan korlap yang beliau lewati. Sudah beberapa EO pernah beliau rasakan. Penagalaman menjadi pengadil beberapa EO menjadikan sosok Pak Umar sangat piawai dan teliti dalam menilai burung diatas gantangan.

Bagi korlap yang juga menyukai jenis burung kenari ini mengakui, tidak ada juri atau pengadil yang pintar. Semua tergantung keadaan, juri akan benar mengambil langkah ajuan dan koncer jika teliti dalam menilai burung.

“Bagi saya pribadi juri yang tepat adalah juri yang teliti dalam menilai burung. Saya pastikan, menjadi pengadil dilapangan tidak boleh merasa paling pintar. Sebab setiap hari semua burung keadaanya berbeda, tinggal kita pilih sesuai aturan,”ucap Pak Umar saat ditemui awak Mediaronggolawe.id.

Mengatasi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi adalah pekerjaan tambahan sebagai korlap. Tugas korlap tidak hanya mengumpulkan ajuan juri dan merekap, selain ikut mencari 10 besar juara, tugas tambahan korlap adalah menjelaskan kepada pemain, jika ada yang merasa kurang puasa dengan keputusan juri.

“Tugas kami sebagai korlap tidak hanya menentukan hasil rekap penilaian juri, namun menjawab pertanyaan dari berbagai kontestan yang kurang puas dengan hasil penilaian juri. Yah, kalau ada yang complain kita harus bisa menjelaskan,”ucap Pak Umar menambahkan.

Beberapa EO pernah menemani Pak Umar dalam bertugas sebagai pengadil dilapangan, diantaranya EO Independent, BnR dan Ronggolawe Nusantara. Semakin matangnya Pak Umar dalam menilai burung diatas gantangan, membuat sosok yang hampir menginjak umur 60an ini menjadi panutan banyak juri-juri muda yang saat ini banyak tumbuh.

“Seperti yang tadi saya katakana, tidak ada juri yang pintar. Kalau juri tidak teliti, maka urusannya bisa menjadi berabeh. Kalau saya pribadi, menurunkan ilmu kepada juri-juri muda itu sudah menjadi kewajiban saya. Saya ingin, dunia perburungan kedepan semakin asik dan semakin bersih, tanpa adanya kepentingan yang hanya menguntungkan pribadi dan merugikan orang banyak. Saya berharap juri kedepannya mempunyai nilai kejujuran yang tinggi.”ucap Pak Umar menambahkan.

Bagikan
Diterbitkan oleh

Artikel Terbaru

  • Info Umum
  • Keluarga Besar RN

Hadirkan Menthor Dari Ibukota Dalam Diklat Juri, Ini Harapan Ketua Ronggolawe Jambi

Hadirkan Menthor Dari Ibukota Dalam Diklat Juri, Ini Harapan Ketua Ronggolawe Jambi   MEDIARONGGOLAWE.COM ,…

15 jam yang lalu
  • Info Umum
  • Keluarga Besar RN

Lahirkan Juri Profesional, Ronggolawe Nusantara DPW Jambi Gelar Diklat

Lahirkan Juri Profesional, Ronggolawe Nusantara DPW Jambi Gelar Diklat MediaRonggolawe.com, KOTA JAMBI - Ronggolawe Nusantara…

15 jam yang lalu
  • Berita Lomba
  • Profil

Selalu Tampil Menawan, Gerhana Cendet Kesayangan Gus Falah Bojonegoro.

Akhir Desember 2014, Gerhana adalah mantan burung rumahan yang belum pernah turun di gantangan, karena…

1 minggu yang lalu
  • Berita Lomba
  • Hasil Lomba
  • Info Umum

Malwopati Bc Feat MMS (Murai Mania Sidoharjo) Hadir Memeriahkan Gelaran Premium Cup 1 Cepu.

Malwopati Bc Bojonegoro menjadi team burung yang patut di perhitungkan eksistensinya didunia lomba burung berkicau…

1 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Latber/Latpres
  • Hasil Lomba

Teror Sang Debutan Raih Hasil Gemilang, Gisel kuasai Kelas LB. Fighter, H. Ali Rafa SF dan Kurma BC Juara Umum + Data Juara Gebyar Latpres Coffee BC Pandaan. Selasa, 05 Januari 2020.

Gelaran Gebyar Latpres Coffee BC Pandaan sukses digelar, meski dalam kondisi hujan menyertainya dari awal…

1 minggu yang lalu
  • Berita Lomba

DT. PBI BERSAMA DAN PAPA MUDA CEPU SF Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran Premium Cup 1 Cepu.

Ajang Premium Cup 1 Cepu 2021 yang digelar di lapangan Gantangan Sakti Bc, Tambakromo, Cepu…

2 minggu yang lalu